Mohon tunggu...
Eddy Pepe
Eddy Pepe Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Betawi Bekasi Asli.

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Bangga Jadi Anak Indonesia

26 Februari 2013   08:12 Diperbarui: 24 Juni 2015   17:40 1437
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Aku lahir dari tetesan darah para jawara
aku tumbuh dari air susu wanita yang tertindas
aku dibesarkan di atas kepala-kepala manusia lemah
di ketiak cukong-cukong perkasa penuh kekuasaan

tulangku adalah tulang-tulang manusia lemah
dagingku adalah aliran darah mereka yang tertindas
semangatku adalah nafsu serakah para penguasa

aku anak Indonesia,
bangga jadi anak Indonesia
apa pun yang kumau, bisa kucapai…
karena aku berdarah jawara
yang dibangun dari keperkasaan dan kekuasaan

aku bangga jadi anak Indonesia
Aku bangga bisa bebas beraksi, leluasa berpolah
Aku bangga
di jalan raya, aku bebas menerobos lampu merah
melawan arus lalu lintas
naik ke trotoar,
memaki pejalan kaki

Aku bangga jadi anak Indonesia
aku bisa mencapai jabatan tertinggi
dengan mejilat atasanku
dengan memuaskan nafsu atasanku
dengan membuat mabuk atasanku
dengan melayaninya di manapun dia suka

Aku bangga jadi anak Indonesia
dari mobil mewah aku bisa buka kaca
membuang kulit duren ke jalanan
membuang puntung ke aspal
nyogok polisi kalau ditilang

Aku bangga jadi anak Indonesia
di bis kota aku bisa angkat kaki semauku,
merokok sepuasku berludah,
kencing, atau berak sesukaku

di sekolah…
aku bisa bolos kapan saja
mengeroyok guru kalau nilaiku jelek

di jalanan aku bebas beraksi
mencabut nyawa kalau tersinggung
meneror orang sebagai hiburan
aku bangga jadi anak Indonesia
karena aku dilahirkan dari darah para jawara
tumbuh dari susu perempuan tertindas
dibesarkan oleh kemunafikan
dididik oleh kekuasaan tanpa batas

Aku bangga jadi anak Indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun