Dalam literatur pasar terkini, pelanggan hampir dikatakan sebagai pemasar yang paling berpengaruh. namun begiut pemasar kerap melupakan sisi kemanusiaan dari pelangan yang tampak nyata dalam era digital. mereka lemah dan rentan dalam sisi siasat dalam pemasar, dengan itu mereka membentuk komunitas untuk memperkuan posisi. dlaam era ini pemasar beradaptasi dengan reallistis dan jujur, autentik, kharusmatik, berhenti terlihat sempurna dan menjadikan pelanggan sebagai teman dan merupakan hal integral dalam gaya hidup.
era yang semakin tidak menentu ini digitalisasi berperan penting dalam mengetahui kebutuhan dan apa yang diinginkan pelanggan dari produk baru maupun brand setia nya. pelanggan akan sulit berpindah brand jika ian sudah nyaman namun tidak sedikit juga yang berpindah karena berbagai hal salah satunya suara pelanggan yang tidak di dengar dan pelanggan terkena sugesti dari pemasar lain atau komunitas didalamnya (teman, keluarga, sahabat, golongan) yang berhasil meyakinkan agar mau mencoba brand dengan pengalaman yang baru.Â
maka komponen sertifikasi digital marketing yang di hadirkan sangan membantu baik pemasar dan pelanggan dalam mencari tujuan masing-masing kegunaan. pemasar menggunakan sertifikasi digital lebih dari sekedar perangkat dan informan, tetapi bagaimana pemasar dapat memenangkan hati pelanggan dengan edukasi yang dia berikan, informasi yang dia buat dan lini apa saja yang dapat mengntungkan pelanggan tanpa harus membeli produk dari pemasar. sedangkan pelanggan mendapat manfaat dari informasi pemasar dan dapat membandingkan satu produk dengan lainnya atau satu layanan dengan layanan lainnya. namun apa keuntungan pemasar? yaitu service sell. dengan menjual konten secara gratis membangun kepercayaan antara pemasar dengan pelanggan. pelanggan yang tidak membeli produk tersebut akan mereferensikan pepada temannya untuk membeli produk sang pemasar. jika pelanggan tidak membeli produk namun menjadi alternatif pada 5 temannya, maka peluang penjualan menjadi lebih  tinggi dan terus menyebar. pelanggan juga mendapat referensi yang dapat di percaya oleh rekannya dan mendapat kepuasan tersendiri sehingga ia akan menajdi referentor pada temannya yang lain. pelanggan tersebut menjadi marketer tidak langsung dan tanpa biaya (gratis)
Lalu apa saja yang bisa di manfaatkan dari sertifikasi digital marketing bagi kehidupa era 4.0?
1. bagi pemasar, selain mendapat pemasar tidak langsung, ada engganggement tersendiri yang meningkat yang memengaruhi penjualan produk
2. bagi pelanggan, referensi dibutuhkan untuk menimbang dan membandingkan suatu produk. maka pelanggan akan mudah mendapat informasi dan membeli dari berbagai saluran dengan aman, mudahg dan sesuai kebutuhan
3. pada tools dalam mempelajari digital marketing, masing-masing pihak merasakan manfaat dari tag. bukan bagi pemasar yang menaikkan traffick atau pelanggan yang mendapat kemudahan, tetapi supplier yang bergerak dalam rantai pasok, para konsultan atau manager pemegang keputusan dalam membuat strategi pemasaran dan mengukur ceruk pasarÂ
4. bagi pihak pemerintah dapat menentukan kebijakan dan memperkuat pelayanan yang mengawasi transaksi jual beli, kebijakan pajak, kebijakan promosi dan membantu menggerakan ekonomi UMKM Melalui event atau menentukan pusat pertumbuhan ekonomi yang memfasilitasi pada perintis melalui analisis data yang digunakan pada tools digital marketing
5. untuk para ilmuan juga dapat memperbaharui tegnologi yang dapat memudahkan manusia sebagai pemegng peran utama dalam kehidupa. kini era tersebut tengah dibuat jepang yang sudah memasuki era 5.0 (technology for humannity) untuk mengentaskan solusi dampak dari berkurangya jumlah manusia diwilayah tersebutÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H