BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Â
Â
2.1 Manajemen Pemasaran
2.1.1.Pengertian Manajemen Pemasaran
Menurut Satriadi et al., (2022) Manajemen Pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan strategi terkait pemikiran, penentuan harga, promosi, dan distribusi ide, produk, serta layanan, dengan tujuan untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi kebutuhan individu dan organisasi.
      Menurut Sudarsono (2020) Manajemen Pemasaran adalah upaya untuk merencanakan, melaksanakan (yang mencakup pengorganisasian, pengarahan, dan koordinasi), serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi, dengan tujuan mencapai sasaran organisasi secara efisien dan efektif.
        Menurut Astuti & Amanda (2020) Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu dalam menentukan pasar sasaran serta menarik, mempertahankan, dan mengembangkan pelanggan dengan cara menciptakan, menyampaikan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.
      Berdasarkan beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah suatu proses strategis yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pemasaran. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi kebutuhan individu dan organisasi, serta menarik, mempertahankan, dan mengembangkan pelanggan. Ini dilakukan melalui penciptaan, penyampaian, dan komunikasi nilai yang unggul, dengan efisiensi dan efektivitas dalam mencapai sasaran organisasi.
2.1.2 Fungsi Manajemen Pemasaran