Mohon tunggu...
gading jamila
gading jamila Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Universitas Teknologi Digital

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Harga Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kategori Lipstik Maybelline di Shopee (Pada Generasi Z di Kota Depok)

15 Januari 2025   21:16 Diperbarui: 15 Januari 2025   21:34 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

 

 

2.1 Manajemen Pemasaran

2.1.1.Pengertian Manajemen Pemasaran

Menurut Satriadi et al., (2022) Manajemen Pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan strategi terkait pemikiran, penentuan harga, promosi, dan distribusi ide, produk, serta layanan, dengan tujuan untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi kebutuhan individu dan organisasi.

            Menurut Sudarsono (2020) Manajemen Pemasaran adalah upaya untuk merencanakan, melaksanakan (yang mencakup pengorganisasian, pengarahan, dan koordinasi), serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi, dengan tujuan mencapai sasaran organisasi secara efisien dan efektif.

               Menurut Astuti & Amanda (2020) Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu dalam menentukan pasar sasaran serta menarik, mempertahankan, dan mengembangkan pelanggan dengan cara menciptakan, menyampaikan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.

            Berdasarkan beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah suatu proses strategis yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pemasaran. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi kebutuhan individu dan organisasi, serta menarik, mempertahankan, dan mengembangkan pelanggan. Ini dilakukan melalui penciptaan, penyampaian, dan komunikasi nilai yang unggul, dengan efisiensi dan efektivitas dalam mencapai sasaran organisasi.

2.1.2 Fungsi Manajemen Pemasaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun