Mohon tunggu...
gading indah pravitasari
gading indah pravitasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Airlangga.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menggenggam Masa Depan: UMKM dan Perjalanan Digitalisasi Serta Branding

23 Januari 2024   19:23 Diperbarui: 23 Januari 2024   19:31 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 20 dan 21 Januari 2024, kami selaku mahasiswa KKN BBK 3 Universitas Airlangga melaksanakan program kerja di bidang ekonomi, yaitu digitalisasi UMKM dan branding ke pelaku UMKM yang ada di desa Bulusari, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Digitalisasi dan branding UMKM merupakan program kerja yang berbeda namun berkaitan.

Digitalisasi UMKM merupakan program kerja dimana kami mendaftarkan pelaku UMKM ke akun E-commerce, yaitu Shopee. Target kami pada kali ini adalah 5 pelaku UMKM yang ada di Desa Bulusari yang berkenan untuk kami daftarkan ke Shopee. 5 pelaku UMKM tersebut ada yang berjualan batik dan jamu, kripik pisang dan singkong, kopi pala, dan lain lain. 

Dalam melaksanakan program kerja ini, kami mendatangi satu persatu ke rumah pelaku UMKM tersebut agar lebih efektif dan manfaat dari program kerja ini langsung tersampaikan oleh si pelaku UMKM. Tujuan diadakannya program kerja digitalisasi ini adalah agar ekonomi masyarakat Bulusari dapat meningkat dengan memanfaatkan teknologi digital. Selain itu, meningkatkan exposure Bulusari melalui produk UMKM.

dokpri
dokpri

Branding UMKM untuk pelaku UMKM di Bulusari merupakan program kerja lanjutan dari program kerja digitalisasi UMKM. Namun, program kerja kami ini hanya mendatangkan 1 pelaku UMKM saja untuk dibuatkan logo produknya. Branding tersebut digunakan untuk menarik customer agar membeli produk pelaku UMKM tersebut. Kami membantu membuatkan logo produk dan video branding yang akan diupload di instagram KKN BBK 3 kami dan berkolaborasi dengan pelaku UMKM tersebut. Tujuan diadakannya program kerja ini adalah membantu pelaku UMKM untuk membuat produknya menjadi lebih menarik.

Dengan berakhirnya kegiatan program kerja ini, kami sangat berterima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan beberapa pelaku UMKM dalam membantu menyukseskan program kerja kami di bidang ekonomi. Besar harapan kami kepada para pelaku UMKM agar dapat terus semangat dalam menjadi pelaku UMKM dan mampu memanfaatkan hasil dari program kerja kami di bidang ekonomi untuk meningkatkan perekonomian mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun