Untuk sukses dalam memasarkan produk harus memiliki cara jual yang unik atau yang biasa disebut dengan unique selling proposition (USP). Dengan memiliki USP ini setiap produk akan memiliki perbedaan dan keistimewaan tersendiri. Hal tersebut sering kali diabaikan akan tetapi sangat penting untuk menciptakan produk ideal yang dicintai oleh pelanggan. USP yang kuat dan bagus akan mempertahankan produk anda tetap berdiri menjadi pesaing yang aktif untuk menyediakan produk yang ideal di mata pelanggan. USP ini sendiri terdiri dari tiga unsur utama yaitu: 1. Unique, karakteristik produk yang membuat setiap produk anda menjadi berbeda dan istimewa 2. Selling, bagaimana menarik atau membujuk masyarakat untuk membeli produk dan jasa yang ditawarkan. 3. Proposition, proposal, saran atau usul untuk diterima. Mengapa setiap bisnis atau produk harus memiliki USP? Sebagaimana yang biasa dialami oleh calon pelanggan bahwa mereka sering kali kesulitan dalam memilih produk yang dapat dipercaya. Pemilihan ini menjadi sebuah ketakutan bagi calon pelanggan yang tidak memiliki pengalaman dan tidak mengetahui perbedaan antara produk yang satu dengan yang lainnya. Hal demikianlah yang mendorong anda sebagai marketer untuk memberikan proposisi penjualan yang unik (USP), sehingga calon pelanggan dapat melihat bahwa produk yang anda tawarkan tersebut benar-benar berbeda, istimewa dan mengesankan. Seperti yang disampaikan oleh Prof. Theodore Levitt ” Differentiation is one of the most important strategic and tactical activities in which companies must constantly engage.” “perbedaan adalah strategi dan taktis yang sangat penting agar produk tetap bertahan dan terus menerus bertahan di tengah persaingan pasar” Berikut beberapa cara bagaimana membangun USP suatu produk: 1. Tempatkan diri anda sebagai pelanggan, dengan hal ini maka produsen akan mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh pelanggan. Misalnya jika anda ingin membuka sebuah café, tidak hanya makanan yang pelanggan butuhkan. Anda harus mencari tahu apa yang dapat membuat pelanggan kembali lagi serta mengabaikan pesaing anda. Anda harus menjawab semua kebutuhan pelangggan seperti kualitas, kuantitas, keramahan, kebersihan, kesopanan dan keandalan. 2. Harga bukan lah satu-satunya alasan untuk memilih suatu produk. Mungkin saja banyak pesaing yang menjual produk yang sama dengan harga yang lebih menarik disbanding harga yang nda tawarkan. Oleh karena itu anda sebagai pesaing harus mengetahui motivasi lain yang mendorong pelangan untuk memutuskan memilih suatu produk. Anda harus mengetahui bebrapa motif pelanggan membeli makanan disebuah café, contohnya, jenis rasa makanan, ras, usia, jenis kelamin, lokasi geografis, tekanan teman sebaya, kenyamanan dll. 3. Jika anda ingin menjual produk kosmetik, yang paling ditekankan disini adalah memberikan promosi yang berorientasi pada psikologis pelanggan. Mereka akanmembeli produk yang dapat memenuhi keinginan bukan semata-mata kebutuhan mereka seperti untuk awet muda, mencerah wajah, glamor dan mewah. Belajar dari pengalaman adalah yang sangat baik, dan meminimalisir resiko untuk gagal. 1. Man crates Man crate ini took online yang menjual hadiah khusus untuk pria dengan kemasan yg unik. Setiap hadiah akan dikemas didalam peti kayu yang akan dibuka dengan linggis. Seperti yang tertera di websitenya mereka
We say 'no' to ugly neckties, cologne samplers and executive trinkets. We don't save wrapping paper, we don't do ribbons. We ship bragworthy gifts for guys. Gifts that you can't wait to arrive because you know the recipient will love opening them. Gifts that people gather round at the office, people following the sounds of wood being torn from wood by the included, laser-engraved crowbar. We are Man Crates, and we deliver awesome gifts for men.
2. Everlane Apparel
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H