Mohon tunggu...
Lyfe

Pengalaman MOS di SMA 16

21 Agustus 2015   20:26 Diperbarui: 21 Agustus 2015   20:39 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PENGALAMAN MOS SELAMA DI SMA NEGERI 16 BEKASI Hari Senin tanggal 27 Juli 2015 adalah hari dimana diberikannya pembekalan untuk Masa Orientasi Peserta Didik Baru atau biasa disingkat MOPDB 2015. Aku selaku calon peserta didik baru di SMA Negeri 16 merasa senang sekaligus takut karena akan dikerjai oleh kakak-kakak osisnya. Jam 7 kurang aku sudah berada disekolah,setibanya disekolah aku bertemu dengan teman-teman sewaktu di sekolah SMP ku dulu. Hmmm alumni dari sekolah ku dulu lumayan banyak yang masuk ke SMA 16 juga,termasuk teman ku sewaktu dikelas 9 dulu yang bernama Ade Aisyah,Awalia haqiqi,Hansa nursyah,Dwina mahendra,dan Sekar salsabilla. Setelah lumayan lama aku dan teman-teman ku diarahkan oleh kakak-kakak osisnya untuk menuju kekelas kita masing-masing. Alhamdulillah ternyata aku sekelas lagi dengan temanku sewaktu di SMP dulu. Namanya Ade aisyah dan Sekar salsabilla. Sayangnya ade aisyah gamasuk jadinya aku duduk bersama dengan Sekar salsabilla. Aku dan teman ku itu masuk ke gugus 2{Bandung}. Singkat cerita kakak Pjnya masuk kekelas ku. Kakak Pjnya ada 2 orang,yang satu perempuan dan yang satu lagi laki-laki. Kakak pjnya yang perempuan bernama kak Risma sedangkan yang laki-laki bernama kak Davit. Kakak pjnya baik-baik dan asik-asik orangnya. Setelah perkenalan kami semua langsung di kasih yel-yel untuk gugus kami. Yel-yel berbunyi : DO : Doakan kami dalam MOS ini RE : Relakan kami bernyanyi Mi : Misalnya kami berbuat salah FA : Pastikan itu di maafkan SOL : Soal kompak jangan di Tanya LA : Lama-lama kalian iri SI : Siapa yang tau pasti Gugus Bandung paling keren. Kami Gugus Bandung dududu2x \ Gugus Bandung! BESTLAHHH Nah begitulah bunyi yel-yel dari gugus 2 Bel istirahat pun berbunyi. Kami semua langsung dipersilahkan istirahat oleh kakak-kakak Pjnya. Aku bersama teman ku istirahat bersama. Aku masih bingung kantin terletak disebelah mana hehehe maklum sekolah baru. Setelah selesai istirahat kami semua langsung masuk kekelas lagi. Kami diberikan pembekalan untuk MOS hari pertama besok. Barang-barang yang harus dibawa berupa. Atribut diantaranya Nem Tag depan yang berbentuk seperti manusia sesuai ukuraan yang telah ditentukan.,topi dari setengah bola dan dibawahnya dari karton,tas yang terbuat dari baju yang sudah tidak terpakai bawahnya dijahit tangan sendiri dan talinya terbuat dari ban dalem yang di kepang. Lalu kerudung ku harus dikepang dengan pita berwarna merh dengan motif love dan putih dengahn motif polkadot. Tali sepatu dengan tali kanan berwarna merah dan kiri berwana putih. Dan juga kaos yang yang berwarna Rainbow. Makannya kami semua disuruh membawa Susu ngantuk 1,wafer sampai tujuan dan juga coklat catburry. Lalu aku disuru membawa balon gas 1 untuk penerimaan murid baru. SKIP Sesampainya dirumah aku langsung sibuk mecari bahan bahan untuk mos besok. Aku membuat atributnya susah sekali. Aku selesai semuanya sampai jam 9 malem. Untung saja aku menemukan semuanya. Selasa 28 juli 2015 adalah hari dimana dilaksanakannya mos pertama. Aku degdegkan sekali, aku takutnya nanti atributku salah dan aku kena hukuman oleh kakak-kakak osisnya. Pukul 07.00 aku sudah sampai disekolah lengkap dengan atribut yang sudah ku buat kemarin. Apel pagi dilaksanakan aku bersam dengan barisan gugusku. Kami apel untuk penerimaan murid baru sekaligus perkenalan dengan komite kesiswaan sekolah ku. Setelah apel kita masuk kekelas ku. Didalem kita main games bareng bersama dengan kakak kakak pjnya. Nyanyi nyanyi bersama juga pokonya seru dehh. Lalu anggota osis yang lainnya masuk kekelas ku untuk memeriksa kelengkapan dari atribut kita masing masing. Sumpah aku deg degan banget,aku takut atribut ku salah. Kakak osisnya masuk dan kelihatannya galak galak banget mukanya. Tanpa harus disuruh dengan kakak osisnya dengan kesadaran diri kami masing masing yang merasa atributnya salah harus maju kedepan. Akhirny aku maju karna aku rasa atributku itu salah. Hmmm ternyata teman teman banyak juga yang salah mereka semua pada maju kedepan juga dan hanya tersisa sedikit yang benar. Kakak osisnya kaget karena banyak sekali yang atributnya salah. Disitu kakak osisnya marah banget sama gugus kami aku takut sumaph rasanya mau nangis pas kakak osisnya marah marah. Aku kesel karna topi buatan ku di ejek ejekin katanya seperti papan skateboard. Aku kesel ya tapi Cuma bisa dipendem karna aku gabisa berbuat apa apa. saya mengerti sebenarnya para anggota osis itu tidak serius memarahi kami semua mereka hanya ingin mengetes mental kami semua agar selalu disiplin untuk mengerjakan tugas.akhirnya kami semua yang salah membuat perjanjian untuk membetulkan lagi atribut kami yang salah.akhirnya para anggota osis itu pun menyepakati perjanjian itu.seetelah perjanjian itu di sepakati teman teman saya yang masih salah atributnya di persilahkan duduk kembali kebangkunya masing masing. akhirnya para angota osis itu pun pergi dan teman teman aku termasuk aku menghela nafas,mereka yang mukanya pucat pun terlihat santai kembali.dan kakak pjku pun memberi pengarahan untuk para calon peserta didik baru agar pada hari rabu membawa: minuman ampas jeruk chiki preman coklat bakso dirak minuman Sesampainya dirmh aku langsung berfikir dan mencari tau apa yang dimaksud dengan itu semua. Akhirnya aku menemukan jawaban itu semua melalui diskusi gugus kami yang telah di buat diline. SKIP Rabu 29 juli 2015 hari kedua dilaksanakannya mos di SMA 16 bekasi. Aku sudah lengkap membawa makanan angtelah dikasih petunjuknyan oleh kakak pjnya kemarin. Seprti biasa kami melaksanakan apel pagi. Setelah apel pagi kami masuk kekelas kami lagi. Kami bermain games lagi dan nyanyi nyanyi lagi bersam kakak pjnya. Lalu kakak osisnya masuk untuk memeriksa kelengkapan atribut kami lagi yang kemarin masih salah. Kakak osisnya berbeda dari yang kemarin. Mudah mudahan kali ini lebih baik. Setelah dibuat oerjanjian kemarin ternyata masih ada juga yang salah. Untung saja kali ini aku bener. Jadinya gabegitu takut lagi Waktu sudah menunjukkan pukul 11.45 tandanya bel pulang sedikit lagi berbunyi. Sebelum pulang kami diberikan pembekalan untuk hari esok yang diantaranya ; minuman vit seribu pandang chiki petualang kaos putih & celana training baju salin slayer warna hitam bekal sehat dan surat untuk kaka ter skip Kamis 30 juli 2015 hari terakhir dilaksanaknnya mos di SMA 16 Bekasi. Seperti biasa kami melakukan apel pagi dulu. setelah apel pagi selesai,kegiatan out bonddan kerja sama tim pun dimulai aku dan teman teman gugus aku ternyata dipisah lagi dan aku masuk kekelompok tokek.. Dari situ saya berkenalan dengan semua angota kelompok aku dan di situaku dan teman teman dilatih untuk bekerja sama untuk membuat menara dri sepatu dan menjaganya agar tidak di rusak oleh para anggota osis yang akan mengahncurkan menara yang dibuat.setelah selesai menara itu pun di ukur . Setelah semua sudah selesai aku dan teman teman semua calon peserta didik baru diberikan waktu untuk beristirahat dan berkumpul dengan kelompok masing masing.aku bersama kelompok saya yaitu kelompok tokek melaksanakan makan bareng bersama dengan semua anggota kelompok. disitu aku mengobrol dan bercerita cerita tentang pengalaman selama masuk di SMAN 16 BEKASI. Dan dari acara out bond dan kerja sama tim tersebut aku bisa belajar arti dari sebuah kerja sama dan kebersamaan bersama dengan teman teman. 1 Agustus 2015... aku masuk lagi pada hari sabtu. Karena pada hari ini ada acara jalan-jalan untuk mengenal lingkungan sekitar SMAN 16 BEKASI. Setelah selesai berjalan jalan kami pun istirahat di sekolah. Dan setelah itu kami di perbolehkan pulang kembali ke rumah. Begitulah pengalaman MOPDB aku di SMAN 16 BEKASI. Sebuah pengalaman yang baru untuk aku dan membuat aku harus belajar mandiri lagi sampai seterusnya.

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun