Mohon tunggu...
Gabriella Audrey
Gabriella Audrey Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN Undip Memberikan Bantuan Desain Logo dan Kemasan kepada UMKM

8 Agustus 2021   17:33 Diperbarui: 8 Agustus 2021   22:09 564
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Srondol Wetan, Semarang (08/08/21) -- Semenjak adanya Pandemi COVID-19 ini, perekonomian masyarakat Indonesia semakin menurun. Hal ini berdampak kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Srondol Wetan yang sasarannya masih sebatas penduduk lokal saja dimana penjualan para pelaku UMKM semakin menurun. Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan adalah dengan meningkatkan pemasaran yang dilakukannya. Pemasaran yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan brand image atau citra merek suatu UMKM.

Universitas Diponegoro atau yang lebih akrab dikenal dengan Undip merupakan salah satu kampus Negeri di Semarang, Jawa Tengah. Pandemi COVID-19 ini banyak berdampak pada kegiatan kita sehari-hari, termasuk proses perkuliahan di Universitas Diponegoro yang saat ini dilakukan secara daring atau online. 

Tidak hanya proses perkuliahan yang mengalami perubahan, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Diponegoro juga ikut mengalami perubahan. Tidak seperti tahun sebelumnya yang dilakukan di desa-desa, KKN kali ini dilakukan di lingkungan sekitar rumah masing-masing pesertanya, akan tetapi walaupun dilakukan di lingkungan sekitar rumah, tujuan dari adanya KKN ini tetap sama yaitu melakukan pengabdian kepada masyarakat sekitar.

Pada kesempatan kali ini, mahasiswa KKN UNDIP memberikan bantuan kepada UMKM di RT 01 / RW 09 Srondol Wetan untuk mendesain logo dan kemasan UMKM Srondol Wetan guna meningkatkan brand image UMKM.

Dokpri
Dokpri

Citra Merek (brand image) adalah persepsi merek yang dihubungkan dengan asosiasi merek yang melekat dalam ingatan konsumen. Beberapa alat pemasaran yang dapat digunakan untuk menciptakan brand image adalah kemasan dan logo. Dengan memiliki brand image yang kuat, UMKM dapat menarik perhatian konsumen.

Beberapa UMKM di Srondol Wetan saat ini masih belum maksimal dalam membuat logo dan kemasan dikarenakan beberapa hal seperti tidak paham menggunakan aplikasi desain, akses yang terbatas dikarenakan beberapa aplikasi harus bayar, tidak memiliki perangkat yang mendukung, dan lainnya. Oleh karena itu, tujuan dari program ini adalah membantu UMKM merancang logo dan kemasan untuk memudahkan UMKM dalam meningkatkan citra merek UMKM sehingga dapat lebih menarik konsumen dan diharapkan dapat meningkatkan penjualan.

Program ini dilaksanakan dari tanggal 5 -- 6 Agustus 2021 dimana mahasiswa mengirimkan desain logo dan kemasan dalam bentuk soft file dan hard file kepada pelaku UMKM di RT 01 / RW 09 Srondol Wetan. Dengan adanya desain logo dan kemasan yang menarik, para pelaku UMKM dapat meningkatkan brand image UMKMnya dan dapat menarik perhatian masyarakat sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan ke depannya.

Penulis : Gabriella Audrey -- S1 Administrasi Bisnis -- FISIP

Dosen : Dr. Harjum Muharam S.E., M.E

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun