REFLEKSI PEMBELAJARAN
Lokasi
SMK Islam Bihbul
Lingkup Pendidikan
Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai
Upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran pada materi pembelajaran Mengelola dana kas kecil kelas XI OTKP dengan model pembelajaran Project Based Learning
Penulis
Arif Ginanjar, S.Pd., M.Pd
Tanggal
25 Agustus 2022
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang rendah pada materi pembelajaran mengelola dana kas kecil. Hal ini terjadi disebabkan karena Model pembelajaran yang digunakan guru kurang inovatif
Berdasarkan permasalahan tersebut, praktik baik (Best Practice) perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dengan menggunakan model yang tepat seperti model pembelajaran Project Based Learning dengan diberikan pembelajaran yang menarik sehingga dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran
Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena jika ada guru yang mengalami masalah seperti yang saya alami bisa menjadi referensi untuk perbaikan proses belajar berikutnya.
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut ? Siapa saja yang terlibat ?
Pelaksanaan pembelajaran model Project Based Learning dan ini tentu saja memiliki tantangan, diantaranya:
Persiapan KBM
Memastikan semua peserta didik terlibat dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran
Membutuhkan persiapan lebih untuk menyiapkan alat, konsep, media, dan persiapan lainnya seperti laptop, alat hitung, projector
Untuk meminimalkan tantangan tersebut, guru akan melakukan tindakan sebagai berikut:
Perlu adanya penyesuaian jam mengajar yang dilaksanakan
Guru harus berupaya memberikan pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran akan meningkatkan kemampuan peserta didik
Guru memanfaatkan peralatan yang ada seperti laptop, smartphone, projector infocus, alat hitung
Dalam menghadapi tantangan di atas pihak yang saya ajak untuk bekerja sama adalah kepala sekolah, teman sejawat sebagai pemberi saran dan masukan, penyedia sarana dan prasarana serta orang tua siswa sebagai pendukung kegiatan sekolah.
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat/ Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah- langkah yang saya lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah :
Menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKPD, modul ajar, instrumen penilaian dan media pembelajaran mengenai menganalisis peluang usaha
Pemilihan Model Pembelajaran yaitu Model Pembelajaran Project Based Learning
Melibatkan peserta didik secara langsung dalam pembelajaran
Menggunakan peralatan yang tersedia seperti laptop,smartphone, projector infocus.
Proses yang terjadi dalam pembelajaran Project Based Learning ini saya membagi peserta didik menjadi 5 kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4 peserta didik untuk membuat laporan dan kas kecil pada LKPD yang dibagikan , setelah peserta didik selesai membuat laporan dan kas kecil , peserta didik menguji hasil project dan mempresentasikan hasil kelompoknya.
Terdapat strategi yang saya gunakan untuk memberikan hasil yang baik yaitu menyiapkan video pembelajaran sesuai dengan materi, dan aplikasi ms excel.
Adapun pihak- pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran ini adalah Kepala Sekolah dan teman sejawat sebagai pemberi saran dan masukan serta refleksi diri bagi saya, dan peserta didik kelas XI OTKP sebagai pelaksana kegiatan dan pemberian refleksi guru.
Adapun sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah laptop, , projector infocus , dan video pembelajaran mengelola dana kas kecil
REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah- langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari
keseluruhan proses tersebut
Dari hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan peserta didik melalui isian google form dapat disimpulkan bahwa 100% peserta didik senang dengan pembelajaran model Project Based Learning serta kegiatan tersebut dapat meningkatkan kemampuan peserta didik pada materi laporan dana kas kecil sesuai tujuan pembelajaran, yaitu upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang rendah pada materi pembelajaran laporan dan kas kecil kelas XI OTKP dengan model pembelajaran Project Based Learning
Adapun faktor yang menjadi keberhasilan dalam aksi ini adalah penggunaan model pembelajaran project based learning
Melihat beberapa uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran inovatif dapat tercipta jika model pembelajaran yang ditentukan tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI