Mohon tunggu...
Arif Ginanjar
Arif Ginanjar Mohon Tunggu... Guru SMK

Guru Produktif OTKP

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penggunaan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Keuangan

3 Juni 2023   21:33 Diperbarui: 3 Juni 2023   21:47 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

REFLEKSI PEMBELAJARAN

Lokasi

SMK Islam Bihbul

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan yang ingin dicapai

Upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran pada materi pembelajaran Mengelola dana kas kecil kelas XI OTKP dengan model pembelajaran Project Based Learning

Penulis

Arif Ginanjar, S.Pd., M.Pd

Tanggal

25 Agustus 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang rendah pada materi pembelajaran mengelola dana kas kecil. Hal ini terjadi disebabkan karena Model pembelajaran yang digunakan guru kurang inovatif

Berdasarkan permasalahan tersebut, praktik baik (Best Practice) perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dengan  menggunakan model yang tepat seperti model pembelajaran Project Based Learning dengan diberikan pembelajaran yang menarik sehingga dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran

Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena jika ada guru yang mengalami masalah seperti yang saya alami bisa menjadi referensi untuk perbaikan proses belajar berikutnya.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut ? Siapa saja yang  terlibat ?

Pelaksanaan pembelajaran model Project Based Learning dan ini tentu saja memiliki tantangan, diantaranya:

Persiapan KBM

Memastikan semua peserta didik terlibat dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran

Membutuhkan persiapan lebih untuk menyiapkan alat, konsep, media, dan persiapan lainnya seperti laptop, alat hitung, projector

 

Untuk meminimalkan tantangan tersebut, guru akan melakukan tindakan  sebagai berikut:

Perlu adanya penyesuaian jam mengajar yang dilaksanakan

Guru harus berupaya memberikan pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran akan meningkatkan kemampuan peserta didik

Guru memanfaatkan peralatan yang ada seperti laptop, smartphone, projector infocus, alat hitung

Dalam menghadapi tantangan di atas pihak yang saya ajak untuk bekerja sama adalah kepala sekolah, teman sejawat sebagai pemberi saran dan masukan, penyedia sarana dan prasarana serta orang tua siswa sebagai pendukung kegiatan sekolah.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat/ Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan   untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah- langkah yang saya lakukan untuk  menghadapi tantangan tersebut adalah :

Menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKPD, modul ajar, instrumen penilaian dan media pembelajaran mengenai menganalisis peluang usaha

Pemilihan Model Pembelajaran yaitu Model Pembelajaran Project Based Learning

Melibatkan peserta didik secara langsung dalam pembelajaran

Menggunakan peralatan yang tersedia seperti laptop,smartphone, projector infocus.

Proses yang terjadi dalam pembelajaran Project Based Learning ini saya membagi peserta didik menjadi 5 kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4 peserta didik untuk membuat laporan dan kas kecil  pada LKPD yang dibagikan , setelah peserta didik selesai membuat laporan dan kas kecil  , peserta didik menguji hasil project  dan mempresentasikan hasil kelompoknya.

 

Terdapat strategi yang saya gunakan untuk memberikan hasil yang baik yaitu menyiapkan video pembelajaran sesuai dengan materi, dan aplikasi ms excel.

 

Adapun pihak- pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran ini  adalah Kepala Sekolah dan teman sejawat sebagai pemberi saran dan masukan serta refleksi diri bagi saya, dan peserta didik kelas XI OTKP sebagai pelaksana kegiatan dan pemberian refleksi guru.

Adapun sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah laptop, , projector infocus , dan video pembelajaran mengelola dana kas kecil

REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah- langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?  Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari

keseluruhan proses tersebut

Dari hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan peserta didik melalui isian google form dapat disimpulkan bahwa 100% peserta didik senang dengan pembelajaran model Project Based Learning serta kegiatan tersebut dapat meningkatkan kemampuan peserta didik pada materi laporan dana kas kecil  sesuai tujuan pembelajaran, yaitu upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang rendah pada materi pembelajaran laporan dan kas kecil  kelas XI OTKP dengan model pembelajaran Project Based Learning

 

Adapun faktor yang menjadi keberhasilan dalam aksi ini adalah penggunaan model pembelajaran project based learning

 

Melihat beberapa uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran inovatif dapat tercipta jika model pembelajaran yang ditentukan tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun