Sudah satu tahun lebih Indonesia dihadapi dengan virus covid-19 dari bulan Maret 2020. Perkembangan virus corona pada saat ini memiliki dampak bagi beberapa sektor seperti sektor perekonomian terutama bagi UMKM untuk terus melakukan terobosan baru agar usanya tidak mengalami kesulitan. Terlebih adanya PPKM darurat yang menyebabkan berkurangnya konsumen. Maka, UMKM harus dapat bangkit dengan mengembangkan inovasi dan kreatif seiring perubahan perilaku masyarakat. Jadi, pada pengembangan UMKM dalam desa sangatlah penting untuk menjaga kestabilan perekonomian masyarakat.Â
Dengan ini mahasiswa KKN-DR IAIN KEDIRI Desa Keling Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri memiliki ide untuk melakukan program kegiatan edukasi tentang strategi bertahan di masa pandemi dan sosialisasi. Kegiatan tersebut dapat memberikan kesadaran para UMKM untuk lebih semangat dan bangkit di masa pandemi. Selain itu, mahasiswa memberika penjelasan untuk modal kreatifitas produk dalam masyarakat agar mampu menciptakan suatu produk yang tinggi.Â
Hal tersebut dapat dilihat dari produk baru yang inovatif dan bersaing dalam menawarkan produk lewat foto produk dan deskripsi jika melalui pemasaran online atau e-commerce. Mungkin dalam hal tersebut terlihat mudah dan tidak begitu penting kenyataannya aspek tersebut sangatlah penting dalam penjualan. Maka dari itu mahasiswa KKN-DR IAIN KEDIRI memberikan arahan kenapa foto produk penting dan tips mengambil foto produk yang mudah dengan menggunakan HP.
Salah satu produk UMKM di Desa Keling ialah Pia Basah, yang memiliki varian rasa. Pada saat pandemi penjualannya menurun drastis biasanya menjual dengan 2500 pcs per hari. Namun, pada saat pandemi hanya sekitar 1000an pcs perhari. Menurut pemilik, beliau berencana untuk memasarkan ke luar kota. Hal ini, membuat mahasiswa KKN-DR IAIN KEDIRI memberikan pendampingan dengan cara digital marketing dan menjelaskan pemahaman bidang marketing agar mampu bersaing dengan produk lainnya serta memberikan arahan inovasi agar produk tersebut lebih menarik konsumen.
Mahasiswa KKN-DR IAIN KEDIRI juga membantu untuk membuat branding menarik untuk meningkatkan promosi dimedia sosial. Dengan pendampingan ini diharapkan mampu menarik daya beli konsumen untuk membeli produk UMKM dari Desa Keling tidak hanya Pia Basah tetapi produk UMKM yang lainnya. Semoga informasi tersebut dapat memperluas pengetahuan dan diterapkan bagi para UMKM di Desa Keling.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H