Mohon tunggu...
Alifya Azzahra
Alifya Azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student

Bright like a shooting star

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bantu Kembangkan Perekonomian Masyarakat, Mahasiswa UNDIP Kenalkan Formula AIDA dalam Pembuatan Iklan

10 Februari 2023   14:25 Diperbarui: 10 Februari 2023   14:39 919
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pekalongan (27/01/2023), mahasiswa KKN Tim I Undip membantu para pengusaha UMKM dalam pemasaran produk. Alifya Azzahra, salah seorang mahasiswa yang berasal dari program studi Bahasa Asing Terapan membantu para pengusaha UMKM di Desa Batursari dalam memasarkan produk dengan memberi informasi tentang teknik pembuatan iklan yang menarik. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi kepada warga secara door to door.  

Sosialisasi ini diadakan guna membantu para pengusaha UMKM mendapat target pasar yang lebih luas sehingga diharapkan dapat membantu meningkatnya perekonomian warga.

 Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini dibantu menggunakan media poster dalam penyampaian materi. Materi yang disampaikan meliputi pengertian copywriting, formula copywriting, trigger word dan contoh-contoh iklan yang menggunakan konsep copywriting. 

Hal ini menuai antusias para pengusaha UMKM yang bertanya lebih lanjut tentang media yang dapat digunakan untuk membuat iklan. Namun, ketidakstabilan jaringan menjadi salah satu penghambat mahasiswa dalam mendemonstrasikan pembuatan iklan. Akibatnya, demonstrasi hanya disampaikan secara sekilas melalui contoh-contoh iklan yang ada.

Dokpri
Dokpri

Pada poster, formula copywriting yang berasal dari Bahasa Inggris ditulis beserta arti dan pengertian dalam Bahasa Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan para pembaca dalam memahami inti dari pembahasan. Selain itu, penulisan formula juga menggunakan huruf besar dengan maksud formula tersebut dapat membentuk singkatan yang mudah diingat.

Copywriting yang dalam Bahasa Indonesia disebut penulisan naskah menjadi salah satu opsi topik mahasiswa dalam melaksanakan program kerja KKN. Hal ini dilatarbelakangi oleh kebingungan masyarakat Desa Batursari dalam mempromosikan produk yang dijual. 

Selain itu, copywriting juga bisa menjadi media komunikasi yang efektif dan dapat menjadi pengembangan pemecahan masalah. Ini ditunjukkan dengan cara menulis iklan yang kreatif agar komunikasi antara penjual dan target pasar dapat berlangsung secara efisien serta dapat membantu target pasar dalam memahami manfaat dan fitur dari produk yang ditawarkan. Diharapkan dari adanya kegiatan ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Batursari.

Penulis: Alifya Azzahra

DPL: 1. Heri Sugito, S.Si., M.Sc.
           2. Nenik Woyanti, S.E., M.Si.
           3. M. Iqbal Fauzan, S.P., M.Si.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun