Mohon tunggu...
Thomas Joseph
Thomas Joseph Mohon Tunggu... digital marketer -

Thomas started his career 2002 in the field of digital marketing, while also explore the field of internet marketing, online business and digital technology in which all provide experience and knowledge in setting up Future Mediatrix in 2009.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Strategi Pemasaran dengan mengoptimalkan Facebook Ads

2 Maret 2014   23:43 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:18 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Telah kita ketahui sebelumnya Facebook merupakan Social Media yang memiliki data detil paling komplit dari lokasi geografis, bahasa yang mereka gunakan sehari-hari, karir dan pekerjaan, minat atau hobby seseorang, tingkat pendidikan seseorang dan masih banyak lagi. Facebook Ads yang dahulu kita hanya memanfaatkan facebook Ads hanya berdasarkan klik atau impresi saja sekarang Facebook Ads telah mengembangkan Fiturnya sehingga memungkinkan kita untuk memanfaatkan facebook Ads sesuai dengan kebutuhan ataupun jenis bisnis kita, antara lain  : Page Post Engagement, Page Likes, Clicks to Website, Website Conversion, App Installs, App Engagement, Event Responses, Offer Claims. Masing-masing memiliki fungsi dan penggunaan untuk bisnis yang berbeda. Marilah kita bedah satu per-satu. Page Post Engagement Page Post Engagement itu dimanfaatkan untuk menshare apa yang kita Post di Facebook Page kita agar orang-orang mengetahuinya, Untuk hal apa saja bisa dimanfaatkannya ? Pertama bagi brand yang baru melaunching produk baru dan mereka mempost pada Page mereka, agar Post ini bisa tersebar kepada target market mereka maka mereka menggunakan Page Post Engagement. Tidak hanya itu saja bagi Anda yang memiliki bisnis sedang mempunyai program promo maka Anda juga dapat memanfaatkan metode ini. Bagi seorang konsultan atau pembicara, apabila Anda sedang melakukan post sesuatu ilmu yang bermanfaat dan ingin banyak target market Anda mendapatkan post Anda, maka Anda juga dapat memanfaatkan metode ini. Selain itu Page Post Engagement juga sangat baik karena dapat menggiring Target Market Anda kepada Page Anda sehingga ketika mereka melihat Post-Post Anda mereka butuhkan mereka pasti juga akan melakukan like Page Anda. Page Likes Page Likes itu dimanfaatkan bila fokus tujuan Anda untuk mendapatkan likes sebanyak mungkin di Facebook Page. Metode ini sangat bermanfaatkan bagi Brand, Bisnis bahkan publik figur seperti Artis bahkan Caleg untuk mendapatkan fans sebanyak mungkin. Metode ini adalah tujuannya untuk mendapatkan likes terlebih dahulu, metode Page Likes ini sebenarnya sangat baik karena bila setiap orang yang telah menjadi fans Anda tentu mereka akan terus menerima update dari page Anda sehingga menjadi investasi jangka panjang akan tetapi bila Anda menggunakan metode ini Anda harus telah menyiapkan tim untuk memaintain facebook page Anda bila tidak maka merekapun bisa melakukan unlike sehingga metode Anda akan sia-sia. Clicks to Website Clicks to Website metode ini sangat baik Anda manfaatkan apabila fokus tujuan Anda untuk mendatangkan visitor ke website Anda. Metode ini sangat bermanfaatkan  bagi Anda yang baru saja memiliki sebuah website ataupun Anda baru saja melaunching website baru atau ada informasi bermanfaat  bagi target market Anda yang hanya bisa share diwebsite Anda, sebagai contoh price list bisnis Anda. Apa yang membedakan iklan PPC Facebook dengan Google Adwords, keduanya menggunakan pendekatan yang berbeda, kalau Google Adwords itu berdasarkan pencarian kata kunci dan rekanan blogger mereka yang memanfaatkan google adsense sedang kalau Facebook mereka yang langsung mengiklankan pada target market yang telah kita tentukan terlebih dahulu. Masing-masing ada kekurangan ataupun kelebihan jika Google Adwords itu orang menemukan iklan kita bila telah mengetik kata kunci yang artinya mereka sudah punya kebutuhan akan bisnis kita tetapi spesifik target marketnya kita tidak bisa tentukan artinya bila produk Anda ada range kelas menengah atas atau bawah Anda tidak bisa berharap pengunjung Anda sesuai dengan target market Anda tetapi jika bila Facebook mereka mencari bukan berdasarkan pencarian jadi memang belum tentu mereka sedang membutuhkan produk Anda tetapi mereka yang datang ke website Anda adalah target market yang sesuai. Website Conversions Yang paling menarik adalah website Conversions, website conversion adalah metode pengiklan facebook yang sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki website E-Commerce ataupun yang memiliki pendaftaran online. Website Conversion ini benar-benar bermanfaat karena bisa sesuai dengan hasil yang kita harapkan.  Didalam Website Conversions ini kita bisa bagi lagi Conversion berdasarkan: Checkouts, Registration, Leads, Key Web Page Views, Adds to Cart dan lainnya. Checkouts adalah conversion berdasarkan checkout pembelian barang yang dibeli oleh visitor web kita, hal ini bisa kita manfaatkan bagi Anda yang sedang memasarkan produknya melalui website atau sedang ingin menghabiskan stock barang Anda secepatnya. Registrations adalah conversion berdasarkan registrasi visitor web Anda, tracknya berdasarkan bagi mereka yang telah mengisi form registrasi online diwebsite Anda dan telah menekan tombol submit. Hal ini sangat baik pemanfaatannya bagi Anda pemilik club yang memiliki penjualan membership lewat website, atau Event Organizer yang sedang menjual tiket seminar lewat website Anda. Leads adalah conversion berdasarkan pengunjung baru yang datang ke website Anda, jika pay per click itu hanya yang mengklik iklan Anda menuju ke website Anda jadi bila visitor yang sama tetap terhitung, sedangkan Leads itu berdasarkan jumlah unik visitor yang datang ke website Anda. Key Web Page Views adalah conversion berdasarkan kunjungan ke halaman website Anda. Hal ini Anda dapat manfaatkan bila Anda memiliki sebuah halaman website yang ingin dikunjungi dan ada informasi berharga buat target market Anda. Adds to Cart adalah conversion berdasarkan barang yang ditambahkan ke keranjang belanja web visitor Anda. Artinya berdasarkan jumlah besarnya jumlah pembelian barang yang dibeli di website Anda, metode ini sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki web e-commerce dan memiliki banyak variasi produk karena metode ini memastikan mereka membeli berbagai macam barang diweb e-comemrce Anda. App Install Metode ini hanya dapat dimanfaatkan bila Anda seorang Apps Developer. App Install adalah conversion berdarkan berapa banyak yang menginstall applikasi Anda. App Engagement Metode ini hanya dapat dimanfaatkan bila Anda memiliki Facebook Apps, dimana conversionnya berdasarkan berapa banyak yang memakai applikasi Anda. Event Responses Metode ini adalah conversion berapa orang yang meresponse event yang Anda adakan. Metode ini dapat Anda menfaatkan bila Anda mengadakan sebuah Event dan melakukan invitation melalui Facebook.

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun