Mohon tunggu...
Futri UswatunKhasanah
Futri UswatunKhasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Lulusan Sarjana Bimbingan dan Konseling dan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru BK UPI 2022

u can find me @fyukey.9

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Inisiatif Guru BK Membawa Kebermanfaatan

5 Februari 2023   13:06 Diperbarui: 5 Februari 2023   13:14 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum. Warahmatullohi wabarakatuh 

Salam sejahtera untuk kita semua 

Semoga dimanapun yang membaca tulisan ini selalu diberikan kesehatan dan selalu menemukan alasan kebahagiaan dalam diri 

Saya FutriUK dengan nama panggilan yang sudah tidak asing lagi yakni yukey. Mahasiswa PPG BK UPI Prajabatan Tahun 2022, bukan keinginan mengurui namun berbagi pengalaman adalah menjadi motto terbaik dalam hidup saya agar orang lain dapat berpikir menentukan keputusan sebelum bertindak. 

Singkat cerita jumat minggu lalu saya melaksanakan PPL di satu sekolah yang bisa dibilang favorit di kota Bandung, ya tentu dengan siswa-siswanya yang rata-rata finansial orang tuanya menengah ke atas. Satu sisi saya merupakan seseorang yang baru di sekolah tersebut dalam memahami sekolah, mengamati keadaan lingkungan dan belum mahir dalam membaca situasi dan kondisi. 

Tetapi terlintas dalam benak saya apabila guru BK hanya berdiam saja di ruang BK duduk didepan gawai atau laptopnya tidak akan pernah mendapatkan pembelajaran yang bermakna dalam memberikan kontribusi terhadap perkembangan dan pertumbuhan siswa. 

Maka saat siang hari sekitar pukul 11.40 WIB setelah siswa-siswa bergegas pulang saya memberanikan diri di sekolah yang baru saya kunjungi beberapa hari ini dengan berkeliling sekolah sendirian dan tentunya  setelah mengantongi izin dari guru pamong disana. Saya mulai maju perlahan melihat fasilitas sekolah, interaksi siswa dan sampai akhirnya saya bertemu banyak siswa di lapangan sekolah. Baiknya mereka langsung menyapa dan salam kepada saya orang baru disana yang masya Allah kesenangan tersendiri dapat disapa oleh mereka. Sembari melakukan obrolan kecil saya pun bertanya beberapa kepada mereka akan fasilitas dan tempat-tempat tertentu di sekolah karena menurut saya apabila saya berjalan ke tempat yang siswanya banyak maka saya akan dapat banyak juga pengalaman dan informasi yang berarti. saat itu saya langsung menanyakan perihal lokasi kantin 

Bergegas pergi ke kantin ternyata saya menemukan segerombolan siswa perempuan yang sedang duduk disana dan saya sembari bertanya hal-hal kecil seperti tempat jajan yang enak, warung mana yang makannya patut untuk dicoba dan tidak pernah menyangka dari obrolan itu malah membuat mereka ingin bercerita banyak kepada saya tentang dirinya dan pilihan studinya, tentang  keadaan temannya di kelas yang dijauhi, tentang interaksi dengan lawan jenis dan sampai bertanya mengenai pacaran, sekolah lanjutan dan cerita tentang pribadinya. Yang menurut saya ini tidak mungkin saya dapatkan sebagai seseorang yang baru di sekolah ini langsung mendapatkan siswa yang dirasa membuka kesempatan untuk saling berinteraksi

Pengalaman yang luar biasa selanjutnya adalah saya langsung diajak oleh mereka ke tempat nongkrong siswa-siswa di sekitar sini sembari jajan dan mengenalkan beberapa kebiasaan keseharian siswa-siswa disini, saya jajan bersama mereka, mereka tertawa dan melakukan obrolan bersama saya dari mulai keluar sekolah lalu jajan nongkrong lalu mengobrol di depan ruangan kelas dan satu kalimat dari mereka yang mengatakan "bu gapapa disini ibu sendirian yang lagi PPL, ada kami yang akan menemani ibu" rasanya betapa senangngnya diterima di lingkungan pertemanan mereka dan merasa diterima di sekolah tersebut. Sampai mereka mengajak saya untuk mendokumentasikan kegiatan dengan mereka 

Satu jam lebih saya berbincang tentang berbagai hal dengan mereka sampai saya banyak mengetahui akan segala perkembangan siswa, tentang sekolah, guru-guru di sekolah, kegiatan sekolah dan mengetahui kebutuhan siswa di sekolah semasa usia mereka, sampai pada akhirnya saya harus bergegas untuk kembali ke ruangan dikarenakan masih memiliki hal lain yang perlu diperbincangkan dengan guru BK lainnya. Saya mendapatkan pelajaran hari itu adalah "Inisiatif yang membuat guru BK semakin berkembang baik diri, informasi, pengetahuan maupun keterampilannya" 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun