Mohon tunggu...
Furqon Efendi
Furqon Efendi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya adalah mahasiswa psikologi yang tertarik dibidang kepenulisan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa dengan Metode Pembelajaran STAD

15 Juni 2023   07:10 Diperbarui: 15 Juni 2023   11:12 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Salah satu ciri utama pembelajaran orang dewasa adalah orientasi dan relevansi masalah. Orang dewasa cenderung memiliki motivasi intrinsik yang kuat untuk belajar ketika mereka melihat hubungan langsung antara apa yang mereka pelajari dan kehidupan sehari-hari mereka. Pembelajaran orang dewasa cenderung lebih mandiri dan berpusat pada diri sendiri.

Lindayani & Murtadlo (2011) dalam (Adnyana, 2020) menjelaskan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi kelemahan pembelajaran. Pembelajaran Kooperatif tipe STAD merupakan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang menekankan motivasi dan interaksi antar siswa untuk memotivasi dan saling membantu dalam penguasaan materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. 

Metode pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang melibatkan kerja sama dalam kelompok kecil dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini dikembangkan oleh Robert Slavin dan bertujuan untuk mendorong siswa saling membantu dan mendukung dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Karakteristik Model Pembelajaran STAD

1. Pembelajaran tim

Setiap anggota tim dapat bekerja sama dan belajar bersama untuk mencapai tujuan belajar. Sukses dan belajar bisa tercapai jika keberhasilan tim dapat terlaksana dengan baik. Setiap anggota harus heterogen untuk berkontribusi kontribusi terhadap keberhasilan kelompok.

2. Berdasarkan manajemen kooperatif

Dalam pengelolaan kooperatif ada empat keimigrasian Fungsi utamanya adalah fungsi perencanaan, fungsi pelaksanaan, fungsi organisasi , dan fungsi pengendalian .

3. Keterampilan kolaborasi

Kesediaan bekerja sama dalam kegiatan dan kegiatan yang dilakukan dalam keterampilan dan bekerja sama. Dengan cara ini siswa diberikan dorongan untuk mau berinteraksi dan berkomunikasi dengan anggota kelompok lain. Dalam keterampilan dan kerja sama siswa bisa mengedepankan ide-ide mereka dan berkontribusi untuk mencapainya sukses dan kelompok.

Selain itu, model pembelajaran STAD memeliki beberapa manfaat dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun