Mohon tunggu...
fuadaliazka
fuadaliazka Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobby bermain voly

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Pengaruh Metode Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

11 Desember 2024   18:28 Diperbarui: 11 Desember 2024   18:28 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar (SD). Metode pembelajaran interaktif dipercaya dapat meningkatkan partisipasi siswa, pemahaman materi, dan keterampilan sosial mereka. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Jakarta dengan melibatkan 60 siswa kelas 5 sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan penerapan metode pembelajaran interaktif sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

Pendidikan merupakan salah satu faktor kunci dalam pembangunan suatu negara. Di Indonesia, pendidikan dasar menjadi fondasi utama untuk membangun generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter. Oleh karena itu, kualitas pembelajaran di tingkat sekolah dasar harus selalu ditingkatkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah metode pengajaran yang konvensional menjadi lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa.

Metode pembelajaran interaktif, yang melibatkan siswa dalam proses belajar melalui diskusi, kerja kelompok, dan berbagai kegiatan praktis lainnya, dipercaya dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh metode pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang aktif dan interaktif dapat meningkatkan perhatian siswa, membuat mereka lebih terlibat dalam pelajaran, dan pada akhirnya meningkatkan pemahaman materi yang diajarkan. Menurut Piaget (1970), pembelajaran yang berpusat pada siswa lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang berpusat pada guru.

Dalam konteks ini, metode pembelajaran interaktif menjadi salah satu solusi untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan tidak monoton. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi juga terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Jakarta, dengan sampel sebanyak 60 siswa kelas 5 yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang diterapkan dengan metode pembelajaran interaktif dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional.

Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pretest dan posttest yang terdiri dari soal pilihan ganda dan uraian. Selain itu, observasi dan wawancara juga dilakukan untuk mengumpulkan data tambahan mengenai partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan metode pembelajaran interaktif mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Rata-rata nilai posttest siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Peningkatan ini tidak hanya terlihat pada hasil tes akademik, tetapi juga dalam hal partisipasi siswa dalam diskusi kelas, kerja sama dalam kelompok, serta keaktifan dalam menjawab pertanyaan. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran interaktif mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk belajar lebih giat.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran interaktif berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Oleh karena itu, disarankan agar metode ini lebih diperkenalkan dan diterapkan di sekolah-sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun