Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh besar yang menawarkan teori penting tentang perkembangan sosial dan kognitif. Meski memiliki fokus yang sama, pendekatan mereka berbeda. Artikel ini akan membahas teori keduanya secara sederhana serta bagaimana pemikiran mereka dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Teori Lev Vygotsky
Menurut Vygotsky, perkembangan sosial dan kognitif sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial. Beberapa konsep utama teorinya adalah:
1. Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)
ZPD adalah jarak antara apa yang bisa dilakukan anak secara mandiri dan apa yang bisa dicapai dengan bantuan orang lain, seperti guru atau teman sebaya. Proses belajar paling efektif terjadi dalam zona ini.
2. Scaffolding
Scaffolding adalah bimbingan atau dukungan sementara yang diberikan kepada anak untuk menyelesaikan tugas yang sulit, misalnya petunjuk atau arahan dari orang dewasa.
3. Peran Bahasa
Vygotsky melihat bahasa sebagai alat utama dalam perkembangan kognitif. Dengan bahasa, anak belajar berpikir, memecahkan masalah, dan berinteraksi dengan dunia sekitarnya.
4. Interaksi Sosial
Belajar menurut Vygotsky adalah proses sosial. Anak berkembang melalui dialog dan kerja sama dengan orang lain, termasuk keluarga dan teman sebaya.