Dinamika politik menjelang pemilu  2024 berubah-berubah ,terlebih lagi mendekati bulan Februari 2024.Opini publik yang bersifat dinamis menjelang pemilu,bergeser dan berubah sesuai dengan konteksnya.Opini publik jika dikelola dengan baik akan membentuk sebuah opini publik yang positif.
Hasil survey CNN Â Indonesia (2023) :Survei CPCS : Elektabilitas Prabowo - Gibran lewati 50 persen,yang di dominasi generasi muda yang menempati sedikitnya 50 persen dari target suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Semua ini muncul karena sosok yang di usung pada Pasangan Calon Presiden  dan Pasangan Bakal Calon Wakil Presiden salah satu nomor urut,sosok seorang yang masih muda, berkharisma , dan bisa bersosialisasi ke semua elemen lapisan di masyarakat.
Yang pada awalnya publik banyak berasumsi negatif kepada sosok ini.Di tenggarai karena sosok ini merupakan bagian dari politik dinasti,tetapi Sosok Gibran Rakabuming bisa meluluhlantahkan hati semua pemilih dari kaum generasi muda.
Yang mana karir politik Gibran Rakabuming dimulai pada Pilkada Solo tahun 2020,Gibran memilih untuk berkompetisi dalam pemilihan Walikota Solo.Berbagai upaya yang dilakukan Gibran untuk membangun  personal brandnya.Personal branding tidak hanya mengkomunikasikan ,tetapi harus mengidentifikasi hal unik,menarik  dan relevan dari individu tersebut sehingga dapat meningkatkan karir atau bisnisnya (Rampersad dan Wijaya,2008)
Ini menunjukkan bahwa Gibran Rakabuming telah berhasil membuat self presentation yang sangat baik ,yang bermula dari seorang Pengusaha di Solo yang minim dengan ilmu politiknya.Tapi sosok Gibran yang mampu melibatkan untuk menyampaikan dirinya dengan khasnya Gibran ketika berkampanye politik yang kalem namun tegas,percaya diri dan jujur apa adanya.
Ini juga bisa dilihat dari perilaku penampilan fisik Gibran yang rapi,yang selalu memakai kemeja ,kaos berkerah ketika santai ,ekspresi wajah Gibran yang berenergi positif serta kemampuan Gibran berkomunikasi dengan baik ketika menghadapi orang-orang yang demo di Solo dengan mendatangi para pendemo dengan sikap yang santun dan sopan.Disini strategi komunikasi politik Gibran melibatkan penggabungan melalui kompetensi,standar dan gaya style seorang Gibran Rakabuming sehingga self representation Gibran dengan citra merk yang ditampilkan ,publik akan bisa mendapatkan informasi ,keputusan dan peran yang diperoleh yang di harapkan dari seorang Gibran Rakabuming (McNally et al.2004)
Disini memperjelas kemampuan Gibran Rakabuming yang handal dalam menggunakan strategi  assertive self presentation yang baik sehingga meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah dan partai politik.Dan membantah secara tidak langsung kemampuan komunikasi berpolitik Gibran Rakabuming yang semakin hari semakin baik yang mendorong audiens agar terpengaruh,termotivasi,tergerak untuk memenuhi harapan para audiens dan  berhasil membawa warna baru dalam ajang Pemilu Capres dan Cawapres 2024 yang berdasarkan hasil survey terus naik dari salah satu Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden menjelang mendekati Pemilu di bulan Februari 2024 .
Jadi,sudah siapkah anda untuk tanggal 14 Februari 2024?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H