oleh: Afrilya Puji Prayoga (1412336024) Mahasiswa Prodi DKV Reguler ISI Yogyakarta
Sedikit Cerita tentang Perubahan Logo DC
Pada tanggal 17 Mei 2016 yang lalu, dikutip dari laman resmi http://www.dccomics.com/, DC Entertainment mengumumkan perubahan tampilan logo barunya. Logo baru perusahaan komik yang sudah berusia 82 tahun ini, terdiri dari huruf “DC” dalam sebuah lingkaran biru dengan latar belakang putih. Logo tersebut dibuat 2D yang berkesan datar (flat), sederhana, tanpa efek warna gradasi. Logo baru tersebut menggantikan logo terdahulu tahun 2012 dengan peel effectnya di huruf “D”, berwarna gradasi biru menutupi huruf C berwarna hitam, di depan latar belakang putih dan disertai tulisan DC Comics. Meskipun perubahan tersebut terkesan agak drastis, ada 1 hal yang ingin tetap dipertahankan oleh DC yakni dalam hal penggunaan warna logonya. Baik dalam logo lama maupun di logo baru, tetap menggunakan warna biru sebagai warna corporatenya.
Logo baru DC Comics
sumber: http://www.duniaku.net/2016/05/20/new-logo-dc-comics-ganti-logo/ (diakses pada 26 Mei 2016 pukul 11.20 WIB)
Menurut rencana, logo tersebut akan memulai debut pertamanya pada kover komik DC Universe: Rebirth Spesial #1 terbitan 25 Mei 2016. Rebirth adalah babak baru petualangan para pahlawan DC yang menggabungkan nilai-nilai tradisional dan estetika modern. Apabila dilihat dari sejarah perkembangan perubahan logonya, sejak tahun 1940, DC Entertainment setidaknya sudah mengganti logonya sebanyak 8 kali.
Logo DC Comics 2012
sumber: http://www.duniaku.net/2016/05/20/new-logo-dc-comics-ganti-logo/ (diakses pada 26 Mei 2016 pukul 11.20 WIB)
Senior Vice President DC Entertainment of Marketing and Global Franchise Management, Amit Desai dikutip dari laman resmi DC Entertainment, mengatakan bahwa dunia komik terus menjadi hati dan jiwa dari DC. Kisah yang dibawa oleh brand tersebut telah tertanam di begitu banyak media dan berkembang hingga saat ini. DC adalah rumah terbesar bagi para karakter Super Heroes dan Super Villains, logo baru tersebut memiliki karakter dan kekuatan untuk berdiri dengan bangga di samping simbol ikonik DC. Logo baru yang muncul adalah sebuah penghormatan yang sempurna untuk warisan DC, untuk masa depan yang menantang dan yang paling penting untuk penggemar setianya.1
Perubahan Logo DC Comics dari Masa ke Masa
sumber: http://www.duniaku.net/2016/05/20/new-logo-dc-comics-ganti-logo/ (diakses pada 26 Mei 2016 pukul 11.20 WIB)
DC Entertainment seakan-akan mengungkapkan ingin kembali ke bentuk logo stylish tipografi sederhana di masa lalu. Chief Creative Officer DC Entertainment, Geoff Johns mengatakan, keputusan perubahan tersebut berakar dari keinginan untuk menghormati masa lalu perusahaan. Baginya, Rebirth dan logo baru DC dibangun atas apa yang datang sebelumnya dan melihat apa yang akan datang besok.