Untuk meningkatkan bisnis, sangat penting untuk meningkatkan brand awareness agar diingat publik. "Kalo beli Aqua yang lebih murah dimana ya?", "Kamu pakai Odol merk apa?", "Beli Baygon yang dekat dari sini dimana ya?". Berikut merupakan beberapa pertanyaan yang paling sering didengar ketika seseorang ingin membeli sebuah produk.Â
Dari beberapa pertanyaan itulah dapat diketahui bahwa ternyata banyak yang sering mengartikan Aqua, Odol, dan Baygon sebagai produk umum, padahal sebenarnya itu sebuah brand atau merk.Â
Pertanyaan nya adalah mengapa hal tersebut bisa terjadi? Jawabannya yaitu dikarenakan brand tersebut memiliki Brand Awareness yang kuat.Â
Dilansir dari Skill Academy By Ruang Guru brand awareness merupakan sebuah istilah yang menggambarkan sejauh mana sebuah merk dikenal oleh konsumen. Secara umum brand awareness dapat menunjukan bagaimana pelanggan mengenali merk atau brand yang kamu jual.Â
Hal ini dapat diketahui dari cara mereka merespon setiap kali melihat bahkan mendengar nama produk kalian. Jika mereka tidak menghiraukan, hal tersebut dapat menungjukan bahwa tingkat brand awareness dari bisnsimu rendah. Maka dari itu, untuk membangun brand awareness merupakan sebuah strategi yang tepat untuk memasarkan atau memperluas perusahaaan dan produkmu, terutama pada tahap awal bisnis.Â
Nah berikut beberapa langkah mudah untuk meningkatkan brand awarenss bagi pemilk bisnis baru!Â
1. Membuat Logo yang Menarik
Salah satu komponen dasar dalam berbisnis yaitu pada logo, dikarenakan logo menjadi ciri khas sebuah perusahaan dan akan berinteraksi langsung dengan pasar. Maka dari itu membuat logo yang menarik dan gampang diingat di masyarakat merupakan salah satu strategi awareness yang tepat.Â
2. Menciptakan Tagline yang Menarik
Selain logo, tagline merupakan sebuah komponen penting sebagai representasi dari sebuah brand. Membuat tagline yang singkat, sederhana dan menarik akan memudahkan pasar untuk mengenali nilai yang diciptakan oleh brand tersebut.
3. Mengoptimalkan Penggunaan Sosial Media dan Website
Rasanya di era digital ini justru seluruh aktivitas marketing menggunakan sosial media dan website. Dalam upaya meningkatkan brand awareness, kalian perlu mengoptimalkan sosial media dan website. Buatlah official account dari brand kalian untuk masing masing media sosial. Mulai dari Instagram, Facebook, hingga Tiktok.Â
Manfaatkan setiap fitur fitur yang disediakan oleh platform tersebut untuk dapat dijangkau oleh banyak orang, misal seperti memasang ads, promote, dan membuat postingan sosial media yang menarik. Untuk website, kalian bisa juga membuat tampilan website menjadi lebih menarik. Seperti, mengatur tampilan warna, tata letak, dan kualitas foto dari produk.Â
4. Bekerja Sama Dengan Influencer dan KOL
Bekerja sama dengan influencer merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan bisnis. Karena jika influencer memiliki pengikut yang banyak dan mempromosikan atau mereview brand kalian di konten mereka, maka hal tersebut akan memperluas jangkauan dan akan meningkatkan brand awareness brand kita.Â
5. Teknik Memberi Reward
 Teknik memberi reward misal promo, diskon, cashback, dan give away. Teknik reward ini dinilai cukup efektif untuk meningkatkan rasa penasaran dan keinginan pasar untuk berinteraksi dengan sebuah brand bisnis.Â
Setelah kalian membaca berbagai macam cara untuk membangun brand awareness di atas, tentu kalian akan semakin paham bahwa strategi marketing harus segera dimulai dari sekarang. Salah satu langkah untuk meningkatkan brand awareness yaitu dengan bekerja sama dengan Influencer dan KOL. Dengan Casa Kreatif kamu bisa bekerja sama dengan influencer & KOL dengan mudah dan terpercaya.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H