Semakin berkembangnya dan meluasnya dunia bisnis, maka akan semakin besar juga persaingan yang harus dihadapi oleh para pebisnis.
Mereka banyak berlomba lomba melakukan berbagai macam cara dan strategi marketing untuk mendapatkan perhatian dari konsumen.
Dari menggunakan berbagai macam platform social media untuk pengiklanan dan membayar seseorang untuk promosi, ada juga yang menggunakan buyer persona untuk menjalankan strategi marketingnya. Taukah kalian apa itu buyer persona? Yuk kita simak pemabahasannya!
Apa Itu Buyer Persona?
Buyer Persona merupakan suatu representasi yang di ciptakan dengan karakteristik tertentu sebagai target konsumen.
Dengan dibuatnya buyer persona kita dapat mengetahui beberapa informasi seperti data demografis, berapa usianya, bagaimana ia dapat mengambil keputusan, apa kegemarannya, dan lain sebagainya.
Informasi yang telah didapatkan dari buyer persona tersebut dapat mempermudakan aktivitas marketing dalam memahami calon konsumen.
Dengan pemahaman tersebut, sebuah bisnis dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mendapatkan dan melayani pelanggan mereka.
Manfaat Menggunakan Buyer Persona
1. Mengetahui kebutuhan dan keinginan minat konsumen
Dengan adanya buyer persona dapat membuat kita membayangkan kebutuhan dan keinginan minat pelangga dengan mudah. Hal ini termasuk yang mereka sukai, hal hal yang mereka minati, dan hal yang mereka tidak sukai.