A. Pendahuluan
Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) merupakan tahap awal dalam sistem yang berperan  penting dalam perkembangan anak, termasuk dalam aspek agama dan moral. Kurikulum PAUD dirancang untuk mendukung perkembangan ini melalui berbagai kegiatan dan program pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kurikulum PAUD diimpleentasikan untuk mencapai indikator perkembangan agama dan moral.
Dalam konteks PAUD, perkembangan agama dan moral merupakan aspek yang tidak kalh pentingnya. Pendidikan agama dan moral sejak usia dini memberikan landasan nilai-nilai etika dan spritual yang akan menjadi panduan anak dalam menjalani kehidupan. Penanaman nilai-nilai ini sejak usia dini diyakini dapat membentuk karakter anak yang baik, serta mengarahkan perilaku mereka ke arah yang positif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama dan moral yang efektif pada anak usia dini dapat berkontribusi pada pembentukkan karakter yang kuat dan moralitas yang tinggi pada anak-anak.
Kurikulum PAUD dirancang untuk mendukung perkembangan holistik anak, termasuk dalam aspek agama dan moral. Kurikulum ini mencakup berbagai kegiatan dan program pembelajaran yang bertujuan untuk menanamkan niai-nilai agam dan moral secara integratif da menyenangkan. Misalnya, melalui cerita, lagu, permainan, dan aktivitas sehari-hari, anak-anak diajarkan tentan nilai-nilai kejujuran,tanggung jawab,kasih sayang, serata keyakinan agama yang mereka anut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kurikulum PAUD diimplemetasikan dalam rangka mencapai indikator perkembangan agama dan moral anak usia dini. Dalam peneltian ini, akan dieksplorasikan berbagai metode dan strategi yang digunakan oleh pendidik dalam mengajarkan nilai-nilai agama dan moral. Selain itu, penelitian ini juga akan mengkaji tantangan dan hambatan yang diadapi dalam proses implementasi kurikulum, serta bagaimana cara mengatasinya untuk mencapai hasil yang diharapkan.
B. Tujuan Penelitian
1. Mengetahui komponen-komponen kurikulum PAUD yang berkaitan dengan perkembangan agama dan moral anak usia dini
2. Menganalisis implementasi kurikulum PAUD dalam mendukung perkembangan agama dan moral anak
3. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas kurikulum PAUD dalam perkembangan agama dan moral.
C. Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus data di kumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Responden penelitian meliputi guru PAUD, orang tua, dan ahli pendidikan anak usia dini.