Seiring berkembangnya zaman dari waktu ke waktu dapat mengubah semuanya, termasuk di dunia pemasaran.Â
Pemasaran suatu produk yang sebelumnya hanya dilakukan secara langsung dengan datang ke lokasi, kini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi yang ada.Â
Pemasaran yang biasa dilakukan secara offline kini berubah menjadi online.Â
Kini, pemasaran bisa dilakukan menggunakan digital marketing. Digital marketing adalah proses pemasaran menggunakan akses internet dengan memanfaatkan social media dan perangkat digital lainnya. Strategi pemasaran menggunakan digital marketing yaitu dengan membuat akun berjualan di social media untuk memudahkan dalam memesan suatu produk.Â
Dengan adanya akun tersebut, konsumen akan lebih mudah untuk melihat detail produk yang dipasarkan. Akun social media yang akan dibuat juga memudahkan konsumen yang berada di luar kota untuk melakukan proses pemesanan agar tidak kesulitan untuk datang ke lokasi untuk membeli atau memesan produk yang diperjualbelikan.
Banyak platform yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran, seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, Shopee, Tiktok, Lazada, Tokopedia, dan masih banyak lagi.
Produk yang dipasarkan harus menarik dari segi packaging, branding, dan juga harus memiliki merk dan logo produk sebagai identitas suatu produk agar mudah dicari dan dikenal masyarakat luas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H