Analisis Implementasi Customer Relationship Management (CRM) di Perusahaan Ritel
Analysis of Customer Relationship Management (CRM) Implementation in Retail Companies.
Â
FREIDA ASTI FEBIOLA
2113021020
e-mail : febiola876@gmail.com
Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol (STIEG)
Abstrak
Customer Relationship Management (CRM) merupakan pendekatan strategis yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola interaksi dengan pelanggan dan menganalisis data pelanggan sepanjang siklus hidup mereka. Di sektor ritel, implementasi CRM menjadi semakin penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, loyalitas, dan pada akhirnya, profitabilitas. Artikel ini menganalisis implementasi CRM di perusahaan ritel, termasuk tantangan yang dihadapi, manfaat yang diperoleh, dan strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan efektivitas sistem CRM. Dengan menggunakan metode studi kasus dan survei, penelitian ini memberikan wawasan tentang praktik terbaik dalam penerapan CRM di industri ritel.
Kata Kunci
cc