BMW X-Series bisa semiring Nissan Patrol ini ndhak ya?
Kalo ndhak sanggup, wajar... lha wong BMW menyebut X-Series bukan sebagai SUV (sport utility vehicle) melainkan SAV (sport activity vehicle), yang konon denger-denger itu dimaknai sebagai "SUV yang agak 'banci'" gitu.
Alih-alih memasang mesinnya setinggi langit untuk keamanan saat nyemplung ke kubangan air, BMW justru memasang mesin di SUV eh SAV-nya serendah mungkin demi stabilitas yang didapat dari center of gravity yang rendah.
Busuknya, udah definisinya "ndhak jelas", SUV eh SAV, SAV BMW malah banyak dijadikan benchmark alias acuan/tolok ukur oleh banyak pabrikan lain. Mercy ngeluarin GLC buat menandingi BMW X3. BMW X1 juga kemudian menggoda Mercy untuk melahirkan GLA atau Audi yang melahirkan Q3, berbasis VW Tiguan yang mana mereka emang turut bernaung di bawah grup VAG (VW-Audi Group) bersama juga Porsche dkk. Jauh sebelomnya, santer terdengar kalo Mercy W201 atawa cikal-bakal Klasse-C dibuat buat menghambat popularitas BMW Serie 3.
Di media massa otomotif, jamak beberapa produk BMW dijadikan benchmark oleh para penulis/editornya saat mengupas suatu produk (baru).
Anda layak mengatakan saya subyektif; tapi di mata saya, manajemen BMW emang lihai menelurkan sebuah produk berikut positioning-nya hingga kemudian dominan menguasai segmen pasarnya, jika tidak pada volume penjualannya setidaknya pada product image-nya.
***
ENTAH apa pertimbangan di belakang layar yang kemudian menjadi kekuatan BMW untuk menelurkan kategori baru spesies mobil. Saya menebak, penetasan kategori spesies baru oleh BMW ini didasari pergerakan pasar {entah pergerakan atau digerakkan} yang semakin menggeser semua barang fungsionalitas ke arah life-style, dengan tetap tanpa mengurangi atau menghilangkan fungsi asli/fungsi dasar si barang.
Mungkin ini yang melatari kenapa pihak BMW kemarin yakin banget menelurkan SAV ketimbang SUV, meski SAV pertama mereka: X5 E53 aslinya adalah copas dari Range-Rover saat BMW memiliki Land-Rover kala itu.
SAV, saya pandang mencerminkan fokus BMW yang direformulasi sejak era 60-an yang ingin konsisten bermain bersih dan kencang di jalan raya alih-alih ikutan belepotan dan berkotor ria di kubangan lumpur, habitat normal para SUV.
SAV dipilih BMW, karena sepertinya SUV akan hilang kejantanannya jika melaju di jalan raya, sementara roda-roda yang menggelinding di muka bumi kini semakin diakomodasi oleh aspal yang laik dan layak ketimbang makadam apalagi jalur tanah berbebatuan seperti sekian dekade silam.