Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis || Pegiat Konten Lokal NTT || Blogger Tafenpah.com

Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Siber Asia || Instagram: @suni_fredy || Youtube : Tafenpah Group || Jika berkenan, mampirlah di blog saya Tafenpah.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Every Story Matters, Kompasiana dalam Lensa Perkembangan dan Tantangan Media Massa, Menurut Ahli Komunikasi McQuail

2 November 2023   18:11 Diperbarui: 2 November 2023   18:13 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Every Story Matters, Kompasianer dan Jajaran Pimpinan Kompasiana dalam syukuran 15 tahun Kompasiana. Sumber foto: Kompasiana

Setiap Cerita Penting (Every Story Matters)! Demikian tagline Kompasiana, terlebih dalam ruang penyemangat para kreator konten (Kompasianer) 2023.

Menilik pada pendapat McQuail (1987), ahli atau pakar Komunikasi, khususnya poin 'Klasifikasi dan Isi Media Massa,' dikatakan bahwasannya, isi media sebagai bukti komunikatornya, serta bukti masyarakat dan budayanya dari suatu sistem komunikasi massa (Sumber ringkasan materi kuliah Komunikasi Media Massa, Universitas Siber Asia).

Relavan dari pendapat McQuail ini, sesuai dengan pertemuan penulis bersama dengan rekan-rekan Kompasianer beserta Founder, COO Kompasiana, dan adminnya dalam acara syukuran 15 tahun Kompasiana yang berlangsung di O2 Corner Co-Working Space, Area Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, Sabtu (28/10/2023), ada banyak hal menarik terjadi di sana.

Kompasianer milenial dan gen Z. Sumber foto: Kompasiana
Kompasianer milenial dan gen Z. Sumber foto: Kompasiana

Salah satunya adalah pembahasan yang menyangkut dengan perkembangan dan tantangan media massa, khususnya media elektronik di revolusi industri 4.0 dalam menghadapi era society (revolusi industri 5.0).

Selain sajian seputar penambahan new user Kompasiana, pertumbuhan konten digital, termasuk konten yang melanggar dan layak untuk dikonsumsi audiens/pembaca, ragam event, kerja sama dengan brand-brand ternama, Kompasiana Goes to Campus, K-Rewards/penghargaan jasa Kompasiana kepada Kompasianer, infinite/konten yang dikemas lalu dipublikasikan ke berbagai media arus utama KGM, pemberdayaan kreator milenial dan lain sebagainya.

Hipotesa atau kesimpulan sementara dari penulis adalah Kompasiana (pimpinan dan admin) selaku komunikator menyampaikan budaya dan sistem komunikasinya kepada komunikan (penerima pesan) dalam hal ini Kompasianer yang ikut merayakan syukuran 15 tahun Kompasiana.

Every Story Matters, Kompasianer dan Jajaran Pimpinan Kompasiana dalam syukuran 15 tahun Kompasiana. Sumber foto: Kompasiana
Every Story Matters, Kompasianer dan Jajaran Pimpinan Kompasiana dalam syukuran 15 tahun Kompasiana. Sumber foto: Kompasiana

Masih berkaitan dengan relevansi pendapat McQuail, terutama menyangkut isi media massa dalam lensa perkembangan Kompasiana di tahun 2024 dan seterusnya.

Secara umum, McQuail juga mengatakan isi media massa terdiri dari 3 kelompok besar,di antaranya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun