Internet, seolah menjadi nadi kehidupan manusia di masa modern ini. Internet di indonesia bermula pada tahun 1990-an. Rahmat M. Samik Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu Surya, Firman Siregar, Adi Indrayanto, Onno W. Purbo adalah orang-orang yang sering disebut ketika membahas tentang sejarah internet di Indonesia (Widodo,2020).
Dunia jurnalistik juga telah berubah seiring perkembangan zaman. Bisnis media cetak telah berubah mengikuti tren teknologi digital. Beberapa media cetak, kini telah beralih ke platform digital.
Perubahan-perubahan yang terjadi pada media cetak ke arah digital disebabkan oleh perubahan pola konsumsi pembaca. Pada saat ini, pembaca kerap menggunakan media digital sebagai sumber informasi mereka.
Dilansir dari Katadata.co.id, menurut survei Katadata Insight Center, dari 1.670 responden menunjukkan 76% masyarakat Indonesia menggunakan media sosial sebagai sumber informasi mereka.
Selain media sosial, faktanya masyarakat Indonesia juga masih menggunakan televisi, media cetak, dan radio sebagai sumber informasi. Namun, pada saat ini media sosial sudah jauh melampaui sumber-sumber informasi tersebut.
Pada masa pandemi, masyarakat yang pergerakan di luar rumahnya terbatas, sangat akrab dengan smartphone. Â Koran Tempo menjadi salah satu media yang baru-baru ini mengumumkan transformasi bisnis ke dunia digital.
Menurut Tomi Aryanto, Direktur Pengembangan Bisnis Tempo, dengan melihat kenyataan masyarakat yang sangat akrab dengan gawai, Tempo melihat mempertimbangkan untuk menyajikan berita secara digital.
Dengan banyaknya pengguna media sosial seperti yang sudah dijelaskan di atas, menunjukkan bahwa media digital akan sangat menguntungkan untuk masa sekarang dan di masa depan. Hal ini mengingat akan semakin berkembangnya teknologi di masa depan.
Dalam perjalanan bisnisnya, media online harus dijalankan dengan kerja keras. Secara umum, pendapatan utama dari bisnis media online adalah periklanan. Melalui periklanan yang ditampilkan, makan si pemilik iklan akan membayar media yang menjadi wadah mereka menampilkan iklan.
Pada umumnya, media online memiliki 2 sumber pendapatan, yaitu pengiklanan dan pembaca. Jenis-jenis model bisnis media online adalah iklan display, pembuatan konten, community engagement, community insight, dan konten premium.