Mohon tunggu...
FR Consultant Indonesia
FR Consultant Indonesia Mohon Tunggu... Konsultan - Konsultan Bisnis | Digital Marketing | Operasional Bisnis

Phone : 0813-8228-9991 Web : frconsultantindonesia.com IG : instagram.com/frconsultantindonesia

Selanjutnya

Tutup

Money

4 Tips Membangun Bisnis Rumahan

12 April 2021   08:30 Diperbarui: 12 April 2021   09:00 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Memulai sepak terjang di dunia bisnis memang bukan sesuatu yang mudah. Perlu keberanian dan strategi untuk memulai bisnis. Namun, juga bukan merupakan sesuatu yang sulit dilakukan juga. Bisnis itu relatif, tergantung tipe bisnisnya dan bagaimana kamu membangunnya. Nah, salah satu tipe bisnis yang relatif mudah untuk dijalankan adalah bisnis rumahan. Selain lebih fleksibel, bisnis rumahan ini bisa dijalankan oleh siapa saja. Yuk, simak beberapa tips dari #SahabatJualan kamu berikut! 

1. Tentukan goals dari bisnis kamu

Membangun bisnis rumahan bukan berarti kamu bisa membangun bisnis secara asal loh. Karena walaupun terkesan fleksibel, tapi kalau kamu tidak bisa membangunnya dengan baik, maka kemungkinan akan gagal. Maka dari itu, yang pertama kamu harus tahu adalah goals dari bisnis kamu. Apa sih yang ingin kamu bangun? Tujuan akhir bisnis kamu itu apa? Apa target dari bisnis kamu? Kamu bisa mulai dari hal-hal seperti itu sehingga kamu punya gambaran yang jelas mengenai bisnis yang akan kamu bangun.

2. Mulai buat rencana

Selanjutnya kamu harus mulai memikirkan rencana dan langkah-langkah awal yang ingin kamu ambil. Kamu tidak perlu kok memikirkan rencana sedetil-detilnya dari A-Z karena itu akan makan waktu banget dan bisa jadi kamu akan merasa ribet sendiri dan jadi malas untuk melanjutkan. Kamu hanya perlu rencana-rencana dasar dan sambil berjalan rencana dasar tersebut akan berkembang dengan sendirinya. Buat rencana sesuai dengan goals yang kamu tentukan sebelumnya yaa. 

3. Tentukan target pasar kamu

Target pasar ini penting banget karena target ini lah yang akan menentukan arah pengembangan brand dan promosi kamu. Kamu bisa menyesuaikan strategi promosi dengan target kamu. Sebagai contoh, jika target pasar kamu adalah kaum millenial, kamu bisa menggunakan cara-cara kreatif yang disukai kaum millenial sebagai cara promosi kamu 

4. Bangun sistem bisnis kamu

Selain punya goal, rencana dan target pasar, kamu juga harus punya sistem bisnis yang tepat. Karena bagaimanapun bagusnya pemasaran dan produk kamu, jika kamu tidak bisa mengelola bisnis kamu dengan baik pasti jadinya berantakan. Jadi, kamu bisa mulai memikirkan seperti apa bisnis kamu akan dijalankan, mulai dari sistem penjualannya, pengelolaan produk dan inventory hingga keuangan bisnis kamu. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun