Mohon tunggu...
Fransiska Yuniawati
Fransiska Yuniawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa tahun ke dua di Univesitas Islam Riau

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jejak Mahasiswa Rantau dalam Menulis Berita dan Mencari Data Lapangan

12 Juni 2024   08:10 Diperbarui: 12 Juni 2024   08:24 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sebagai mahasiswa yang sedang melakukan pendidkan di salah satu kampus swasta ingin sekali merasakan kuliah di kampus negeri dan ingin merasakan bagaimana kehidupan di pulau jawa, sehingga saya mengikuti sebuah pertukaran mahasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah, saat pengumuman tiba saya mendapat kesempatan di kampus negeri, ini adalah sebuah kesempatan yang sangat berharga untuk mendapat pengalman baru.

Saat dikampus negeri ini saya mengambil beberapa mata kuliah yang relefean dengan kampus asal saya, salah satunya adalah mata kuliah "penulisan berita dan penulisan kreatif" di kelas 4F. Sebagai mahasiswa rantau yang mendapat tugas menulis berita dan mencari data lapangan, saya menyadari bahwa perjalanan ini bukanlah sembarang perjalanan.

Perjalanan ini tidak hanya sekedar pembelajaran di  kelas, namun juga mendapatkan pengalaman  lapangan yang dapat memperdalam pemahaman saya tentang dunia jurnalistik. Sebagai mahasiswa rantau, saya menyadari bahwa untuk menulis berita yang bermanfaat dan berkualitas, saya perlu berpartisipasi aktif dalam mencari data lapangan.Bagian penting dari proses ini adalah keluar dari kenyamanan kampus dan berinteraksi dengan masyarakat setempat. Mengumpulkan informasi yang akurat dan relevan memerlukan peningkatan keterampilan observasi, wawancara, dan analisis.

Selain itu, sebagai mahasiswa rantau, saya juga harus mengatasi tantangan bahasa dan budaya yang mungkin saya hadapi saat berinteraksi dengan masyarakat lokal. Ini merupakan peluang untuk belajar tentang keanekaragaman budaya dan pandangan dunia yang berbeda.

Dengan mengambil peran aktif dalam mencari data lapangan, saya tidak hanya mengembangkan keterampilan jurnalisme, tetapi juga memperluas jaringan dan pemahaman saya tentang realitas sosial dan budaya di tempat yang baru bagi saya. Ini adalah bagian integral dari pengalaman kuliah yang tidak hanya meningkatkan pengetahuan akademik saya, tetapi juga membentuk saya sebagai individu yang lebih berpengetahuan dan terbuka.

Dalam perjalanan mencari data lapangan, saya belajar bahwa proses penulisan berita bukanlah sekadar tentang mencari fakta, tetapi juga tentang memahami konteks dan dampak dari informasi yang disampaikan. Saya belajar untuk mempertimbangkan berbagai sudut pandang dan menjaga keobjektifan dalam menyajikan informasi kepada pembaca.

Selain itu, melalui pengalaman ini, saya juga menyadari pentingnya integritas dan etika dalam jurnalisme. Saya harus memastikan bahwa informasi yang saya sampaikan adalah akurat dan tidak bias, serta menghormati privasi dan martabat individu yang terlibat dalam cerita.

Meskipun perjalanan ini mungkin penuh dengan tantangan dan hambatan, saya merasa terdorong oleh rasa ingin tahu dan dedikasi untuk belajar. Pengalaman ini membuka mata saya terhadap kompleksitas dunia jurnalisme dan memperkuat tekad saya untuk menjadi seorang penulis berita yang berkualitas dan bertanggung jawab.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, saya yakin bahwa perjalanan sebagai mahasiswa rantau dalam menulis berita dan mencari data lapangan tidak hanya akan memperkaya pengalaman pendidikan saya, tetapi juga membantu saya tumbuh sebagai individu yang lebih kompeten dan berkontribusi bagi masyarakat. Selain itu saya juga dapat mempertimbangkan kedepannya apakah saya akan melanjutkan didunia jurnalistik atau tidak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun