Mohon tunggu...
Fransiska Agnes Setianingrum
Fransiska Agnes Setianingrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobby mendengarkan musik dan menonton film.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ajaran Tamansiswa Tri-N Dilihat dari Sisi Usaha UMKM Es Teh Indonesia

14 Desember 2022   12:23 Diperbarui: 14 Desember 2022   12:38 1802
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi dengan salah satu pegawai Es Teh Indonesia, foto dok. pribadi

           Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau sering disebut UMKM adalah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha, maupun rumah tangga. Dalam perekonomian Indonesia, UMKM adalah kelompok usaha yang memiliki dampak yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain sebagai pondasi dan bagian dari diplomasi ekonomi Indonesia, UMKM merupakan ekosistem yang baik karena mampu menyerap banyak tenaga kerja dengan membuka lapangan pekerjaan dan menggerakan roda perekonomian di Indonesia.

          Perkembangan UMKM di Indonesia saat ini terus berkembang dan meningkat dari segi kualitasnya, hal ini dikarenakan dukungan dari pemerintah dalam pengembangan yang dilakukan kepada para pelaku usaha UMKM, yang mana hal tersebut sangat penting karena dapat memperbaiki serta menjaga dan memperkuat perekonomian Indonesia.

          Salah satu usaha yang bertujuan memajukan perekonomian Indonesia adalah Es Teh Indonesia. Es Teh Indonesia merupakan minuman kemasan yang berbahan dasar teh. Es Teh Indonesia sendiri telah ada sejak tahun 2018. Pada awalnya, Es Teh Indonesia hanya memiliki satu gerai saja yang berada di Jakarata Selatan. Trend konsumsi meminum teh di Indonesia menjadikan Es Teh Indonesia hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup tersebut.

           Seiring dengan perkembangan yang ada, usaha ini mulai melakukan inovasi dan ekspansi usaha dengan cara membuka gerai di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, demi memenuhi permintaan pasar yang begitu tinggi terhadap teh susu, Es Teh Indonesia pun membuat beragam varian teh susu kekinian dengan topping, cream cheese serta sea salt cream sebagai menu unggulan. Saat ini Es Teh Indonesia telah mempunyai 22 menu yang ditawarkan. Keunggulan Es Teh Indonesia ini karena harga yang relatif terjangkau bagi konsumen. Keunggulan yang kedua karena bahan dasar yang digunakan dalam Es Teh Indonesia mengutamakan daun teh yang dihasilkan oleh petani lokal yang ada diberbagai daerah sebagai unsur pemberdayaan, yaitu menggunakan daun teh asal Cisarua, Bogor yang terjamin dengan kualitas dan kesegarannya.

             Terkait dengan strategi untuk mengembangkan es teh ini yaitu manajemen menggunakan strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang dilakukan yaitu dengan menjual produk secara offline dan online. Penjualan yang dilakukan secara online dilakukan dengan bekerja sama dengan Gofood, Shopeefood, dan juga melakukan pemasaran melalui media sosial salah satunya instagram.

Dokumentasi dengan salah satu pegawai Es Teh Indonesia, foto dok. pribadi
Dokumentasi dengan salah satu pegawai Es Teh Indonesia, foto dok. pribadi

            Kunjungan UMKM Es Teh Indonesia  ini tidak hanya semata-mata untuk mencari dan mengetahui informasi terkait dengan sistem kinerjanya saja, akan tetapi  kunjungan UMKM ini juga dimaksudkan untuk melihat apakah ada pengembangan dan pengimplementasian ajaran tamansiswa yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara, yaitu Tri N. Tri N sendiri terdiri dari Niteni, Nirokake, Nambahi.

            Niteni berarti mengenali dan mengingat.  Pemilik melihat dari fenomena yang ada pada masyarakat yaitu banyaknya penggemar yang mengonsumsi teh. Di Indonesia, teh dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat, baik itu kalangan ekonomi atas maupun kalangan ekonomi bawah. Dengan melihat fenomena yang ada, maka hal tersebut menjadikan peluang berbisnis minuman teh menjadi sangat menjanjikan, potensial dan akan sustainable, serta didukung oleh market share yang besar pula.

            Nirokake berarti menirukan sesuatu hal, dalam hal ini pemilik usaha harus dapat menirukan hal-hal yang menjadi kelebihan dari usaha pesaing, namun tidak menghilangkan ciri khas dari usaha sendiri. Keterkaitan dengan implementasi ajaran Tamansiswa ialah bahwa UMKM Es Teh Indonesia ini yaitu produk yang dihasilkan sebagian besar merupakan perpaduan dengan berbagai cita rasa tetapi tidak menghilangkan ciri khas dari Es Teh Indonesia itu sendiri.

            Nambahi berarti mengembangkan sesuatu yang dipelajari. Nambahi sendiri dapat dilakukan dengan mengembangkan produk yang dimiliki dengan terus melakukan inovasi terhadap produk yang ditawarkan seperti yang baru baru ini dilakukan, yaitu membuat variasi kadar gula sesuai dengan tingkat kebutuhan pelanggan. Saat ini ada 5 pilihan kadar gula atau sugar level yaitu 100% normal sugar, 80% less sugar, 50% half sugar, 30% light sugar, dan 0% no sugar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun