Mohon tunggu...
Franz Budi Sarwono
Franz Budi Sarwono Mohon Tunggu... Konsultan - Mindset Modifier

Aktivitas saya saat ini sebagai trainer, konsultan, dan terapis mindset, hypnotherapist, EFT Prac

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Masa Lalu adalah Kunci Masa Depan

26 November 2019   00:54 Diperbarui: 26 November 2019   19:01 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok. Franz Budi Sarwono

Pernahkah Anda membaca atau mendengar sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa masa depan Anda tidak tercermin dari masa lalu. Artinya jika kita mempunyai masa lalu yang kelam, penuh kepahitan, luka batin atau bahkan kita mengalami trauma, tidak akan mempengaruhi masa depan kita seiring dengan berlalunya waktu.

Jika Anda setuju dengan pernyataan di atas, Anda tidak sendiri. Ada banyak orang yang meyakini bahwa hal tersebut benar adanya.

Dahulu saya pun demikian, sebelum saya menjadi hipnoterapis di Surabaya. Sampai suatu ketika saya mulai tersadar bahwa masa lalu adalah kunci masa depan Anda dan saya. Ketika saya belum bisa berdamai dengan masa lalu maka ia akan tetap menghantui kemana pun saya pergi walaupun hari telah berganti hari dan tahun pun telah berganti tahun.

Masa lalu adalah kunci masa depan Anda. Karena masa lalu bisa menjadi batu sandungan bagi langkah kita saat ini,  jika hal-hal negatif di masa lalu tidak kita tuntaskan. Sebagai seorang hipnoterapis di Surabaya, saya banyak menerima kasus yang bisa menunjukkan bahwa  masa lalu adalah kunci masa depan Anda.

Saya pernah mendapatkan klien yang berasal dari Jember yang mengalami masalah fobia terhadap pisang. Setiap kali mendengar atau melihat pisang ia akan merasa mual dan berujung pada muntah. Masalah ini sangat mengganggu hidupnya selama hampir lebih dari 20 tahun.

Akar persoalan dari klien saya tersebut adalah ketika ia berumur 5 tahun, tanpa sengaja ia disuapi pisang oleh tetangganya yang sudah rusak sehingga klien saya tersebut menangis dan memuntahkannya. Inilah kejadian awal dari penyebab fobia pisang dari klien tersebut.

Sebagai hipnoterapis di Surabaya, saya sering berjumpa dengan klien-klien yang belum berdamai dengan masa lalunya. Masa lalu adalah kunci masa depan Anda maka yang harus dilakukan adalah membereskan masa lalu Anda tersebut.

Tentu Anda bertanya bagaimana caranya. Peristiwa itu sudah terjadi di masa lalu. Bisa jadi Anda bertanya apakah caranya seperti pada film-film fiksi ilmiah. Seseorang bisa kembali ke masa lalu dengan mesin waktu dan mengubah sebuah peristiwa. Tentu saja tidak demikian!

Pikiran manusia itu hebat tapi juga bisa membikin celaka. Ini yang sering saya sampaikan sebagai hipnoterapis kepada para klien saya. Mengapa demikian? Pikiran manusia tidak mengenal garis waktu. Dalam pikiran manusia tidak ada masa lalu dan masa depan yang ada hanya saat ini. Mau contoh?

Baiklah, coba Anda bayangkan sebuah peristiwa yang menyedihkan di masa lalu! Sudah? Bagus sekali! Apakah Anda merasa sedih sekarang? Minimal merasa tidak nyaman bukan? Kapan peristiwanya? Oh.. bisa jadi dua tahun lalu, bisa jadi sepuluh tahun lalu. Namun Anda merasakan kesedihan itu sekarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun