Â
Peran dosen dan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat sejatinya sangat dibutuhkan bagi masayarakat untuk  mempercepat proses peningkatan kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan tuntutan dinamika pembangunan untuk kemajuan. Mempercepat upaya pengembangan masyarakat ke arah terbinanya masyarakat dinamis dan sejahtera. Mempercepat upaya pembinaan institusi dan profesi masyarakat sesuai dengan perkembangan dalam modernisasi. Memperoleh umpan balik bagi perguruan tinggi agar sejalan dan maju bersama. Maka di tahun 2024 ini Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang melalui LembagaPenelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Malang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yaitu UIN Mengabdi Qaryah Thayyibah. Pada pengabdian ini kami salah satu Tim yang membahas tentang  Revitalisasi  Ekonomi  Melalui  Literasi Digital Dusun Lo’andeng  Desa  Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, . Tim kami terdiri dari  Dr. Ni’matuz Zuhroh, M.Si,  Dr. Indah Aminatuz Zuhriyah,M.Pd ,  Ninja Panju Purwita M.Pd  selaku Dosen UIN Malang dan Anisa Nurfadhilah, selaku Mahasiswa UIN Malang yang dilibatkan  pada pelaku UMKM sebagai sasarannya. Dengan  Nara Sumber  Dr. M. Bukhori, SE, S.AG, MM. yang bertempat  di Balai  RW 04 Dusun Lo’Andeng  Desa  Kali Songo Kec. DAU Kab. Malang.
Di Dusun Lo’andeng  Desa  Kalisongo, Kecamatan DAU , Kabupaten Malang, ini kami mendapatkan data 30 UKM dengan jenis usaha yang beragam dan didominasi jenis kuliner atau yang bergerak dibidang makanan olahan, terutama para pembuatan  Samiler, krupuk puli, kripik Singkong, kripik Pisang  dan beraneka camilan  yang biasanya dijual dengan cara keliling dengan kemasan apa adanya.  Berdasarkan fenomena ini maka Tim kami berupaya memberikan  Revitalisasi  Ekonomi  Melalui  Literasi Digital terutama melalui pelatihan  pengemasan produk , mencari  jejaring, Promosi  Produk  sampai dengan  Strategi  pemasaran  yang professional Â
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha terkait pentingnya;  A. Fungsi Kemasan ; (1) membantu  mencegah/mengurangi  kerusakan, melindungi  dari bahaya  pencemaran serta  gangguan  fisik, kimia, biologis  dan mikro biologis. (2)  Menempatkan  suatu  produk  agar mempunyai bentuk yang memudahkan dalam penyimpanan, pengangkutan  dan distribusi. Semakin baik kemasan  maka meningkatkan  nilai jual  yang tinggi. B. Pentingnya mencari  jejaring,  Promosi Produk  sampai  dengan Strategi  pemasaran  yang Profesional. Yang  bertujuan  meningkatkan  pendapatan/ keuntungan  yang  maksimal.
Namun dari hasil selama pengabdian dimulai dari tanggal 20  Pebruari 2024 , Observasi ,  Pembuatan proposal, tanggal 16 Juni 2024. Dan kami selaku pendamping produk  sampai  bulan  Desember 2024  dan bahkan masyarakat  menghendaki  pendampingan secara  berkelanjutan dan  berupaya terus dengan secara offline dan online mendampingi UKM untuk mendapatkan  Pelaku usaha sangat antusias agar mendapat  pelatihan  pengemasan, Pembuatan  Design  Merk,  Pengolahan  produk  yang  berkualitas, Promosi  Produk dan Strategi  Marketing  yang  professional
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H