Mohon tunggu...
Fragrant Savant
Fragrant Savant Mohon Tunggu... Arsitek - Arsitek

Saya adalah lulusan arsitek fresh graduate dari Malang, Indonesia. Dengan latar belakang akademis yang kuat, saya telah memperoleh gelar saya dengan cum laude, menunjukkan dedikasi saya terhadap bidang dan komitmen saya terhadap kesempurnaan. Minat saya terhadap arsitektur melampaui batas kelas, karena saya juga aktif menekuni menulis dan pembangunan. Tumbuh di Malang, saya telah terpapar pada warisan budaya yang kaya dan kesadaran masyarakat yang kuat. Pengalaman-pengalaman ini telah menanamkan dalam saya nilai pentingnya integritas dan netralitas. Saya percaya bahwa prinsip-prinsip ini sangat penting dalam membentuk pendekatan saya terhadap hidup profesional dan pribadi. Sebagai arsitek, saya dipengaruhi oleh keinginan untuk menciptakan ruang yang tidak hanya indah tapi juga fungsional dan berkelanjutan. Saya komitmen untuk tetap update dengan perkembangan terbaru di bidang dan untuk terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan saya. Selain kegiatan profesional, saya juga seorang penulis yang aktif. Saya percaya bahwa menulis adalah alat yang kuat untuk ekspresi diri dan komunikasi, dan saya menyenangi menggunakan kata-kata saya untuk berbagi pikiran dan ide saya dengan orang lain. Tulisan saya seringkali fokus pada tema-tema terkait dengan arsitektur, pembangunan, dan isu-isu sosial, dan saya berusaha menggunakan kata-kata saya untuk menginspirasi perubahan positif. Akhirnya, tujuan saya adalah menggunakan keterampilan dan pengetahuan saya untuk membuat dampak positif di dunia. Saya percaya bahwa dengan menggabungkan minat saya terhadap arsitektur dan menulis dengan komitmen saya terhadap integritas dan netralitas, saya dapat membantu menciptakan masyarakat yang lebih adil dan setara.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Revitalisasi Ekonomi Melalui Literasi Digital Dusun Lo'andeng Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, UIN Mengabdi Qaryah Thayyibah 2024

18 Juni 2024   12:07 Diperbarui: 18 Juni 2024   12:16 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Penulis,2024

 

Peran dosen dan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat sejatinya sangat dibutuhkan bagi masayarakat untuk  mempercepat proses peningkatan kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan tuntutan dinamika pembangunan untuk kemajuan. Mempercepat upaya pengembangan masyarakat ke arah terbinanya masyarakat dinamis dan sejahtera. Mempercepat upaya pembinaan institusi dan profesi masyarakat sesuai dengan perkembangan dalam modernisasi. Memperoleh umpan balik bagi perguruan tinggi agar sejalan dan maju bersama. Maka di tahun 2024 ini Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang melalui LembagaPenelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Malang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yaitu UIN Mengabdi Qaryah Thayyibah. Pada pengabdian ini kami salah satu Tim yang membahas tentang  Revitalisasi  Ekonomi  Melalui  Literasi Digital Dusun Lo’andeng  Desa  Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, . Tim kami terdiri dari  Dr. Ni’matuz Zuhroh, M.Si,  Dr. Indah Aminatuz Zuhriyah,M.Pd ,  Ninja Panju Purwita M.Pd   selaku Dosen UIN Malang dan Anisa Nurfadhilah, selaku Mahasiswa UIN Malang yang dilibatkan  pada pelaku UMKM sebagai sasarannya. Dengan  Nara Sumber  Dr. M. Bukhori, SE, S.AG, MM. yang bertempat  di Balai  RW 04 Dusun Lo’Andeng  Desa  Kali Songo Kec. DAU Kab. Malang.

Di Dusun Lo’andeng  Desa  Kalisongo, Kecamatan DAU , Kabupaten Malang, ini kami mendapatkan data 30 UKM dengan jenis usaha yang beragam dan didominasi jenis kuliner atau yang bergerak dibidang makanan olahan, terutama para pembuatan  Samiler, krupuk puli, kripik Singkong, kripik Pisang  dan beraneka camilan  yang biasanya dijual dengan cara keliling dengan kemasan apa adanya.  Berdasarkan fenomena ini maka Tim kami berupaya memberikan  Revitalisasi  Ekonomi  Melalui  Literasi Digital terutama melalui pelatihan  pengemasan produk , mencari  jejaring, Promosi  Produk  sampai dengan  Strategi   pemasaran  yang professional  

Dokumentasi Penulis,2024
Dokumentasi Penulis,2024

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha terkait pentingnya;  A. Fungsi Kemasan ; (1) membantu  mencegah/mengurangi  kerusakan, melindungi   dari bahaya  pencemaran serta  gangguan  fisik, kimia, biologis  dan mikro biologis. (2)   Menempatkan  suatu  produk  agar mempunyai bentuk yang memudahkan dalam penyimpanan, pengangkutan  dan distribusi. Semakin baik kemasan  maka meningkatkan  nilai jual  yang tinggi. B. Pentingnya mencari  jejaring,  Promosi Produk   sampai  dengan Strategi  pemasaran  yang Profesional. Yang  bertujuan   meningkatkan  pendapatan/ keuntungan  yang  maksimal.

Dokumentasi Penulis,2024
Dokumentasi Penulis,2024

Namun dari hasil selama pengabdian dimulai dari tanggal 20  Pebruari 2024 , Observasi ,  Pembuatan proposal, tanggal 16 Juni 2024. Dan kami selaku pendamping produk  sampai  bulan  Desember 2024  dan bahkan masyarakat  menghendaki  pendampingan secara  berkelanjutan dan  berupaya terus dengan secara offline dan online mendampingi UKM untuk mendapatkan  Pelaku usaha sangat antusias agar mendapat  pelatihan  pengemasan, Pembuatan  Design  Merk,  Pengolahan  produk  yang  berkualitas, Promosi  Produk dan Strategi  Marketing  yang  professional

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun