'jadi PR mah cuman modal ngomong doang'.. Â 'Sebenarnya PR tuh apa sih?'Â
Yuk kita bahas tuntas apa itu PR dan apa saja tugas nya PR??
Public Relation (PR) merupakan seseorang yang  menjembatani atau membantu perusahaan atau organisasi untuk dapat membangun hubungan yang positif dan memiliki peran untuk dapat menciptakan citra publik yang positif juga dengan beberapa pemangku kepentingan seperti wartawan atau media, investor, dan masyarakat luas. Profesi PR pada masa ini tentu sudah menjadi salah satu bidang yang sangat ramai diminati, tapii selain menjadi sebuah jembatan untuk menjalin hubungan yang baik dengan pemangku kepentingan ada banyak loh! praktik kerja PR yang perlu diketahui. Pada kesempatan kali ini saya Adinda Putri mahasiswi semester 4 di Universitas Kristen Indonesia jurusan Ilmu Komunikasi dengan peminatan Public Relation (PR), akan membahan tuntas apa saja yang menjadi praktik kerja PR seperti yang sudah pernah di jelaskan oleh dosen saya yaitu, Marshelia Gloria Narida, S.S., M.A. sebagai Dosen prodi Ilmu Komunikasi peminatan Public Relation Universitas Kristen Indonesia dalam kelas Humas Digital dan Penulisan Kreatif Humas.Â
Pada kelas Humas Digital Ka Marshel selaku dosen prodi Ilmu Komunikasi peminatan Public Relation memberikan materi dan tugas mengenai Content Pilar,yang dimana content pilar merupakan salah satu dari praktik kerja PR. Dalam content pilar seorang PR harus mampu menganalisis sebuah konten, dalam sebuah kontent tentu ada nilai dan ada maksud tujuan nya, maka dari itu seorang PR perlu tau bagaimana cara mengemas konten agar dapat membangun citra yang baik di masyarakat. Seorang PR pasti memiliki strategi yang baik sebagaimana harus dilakukan untuk dapat menciptakan konten yang terstruktur, inspiratif dan tidak mudah di tebak sehingga mampu membuat publik tertarik dengan kontent nya misal dalam pemilihan sound yang cocok dan tidak menimbulkan pertentangan antara konten dan sound, kemudian alur cerita yang tidak dapat di tebak oleh masyarakat bisa menjadi sebuah plotwist. Kemudian seorang PR harus mampu merancang event yang menarik yang dimana dalam event tersebut nantinya mampu mendekatkan sebuah organisasi atau perusahaan kepada publik nya, lalu seorang PR tentu harus bisa melakukan Publikasi untuk bisa menyebarluaskan informasi mengenai sebuah organisasi atau perusahaan yang sedang di pegang dan pantas untuk di ketahui publik, kemudian praktik kerja seorang PR yaitu membuat Press Realese, ini tentu sudah menjadi hal dasar yang sangat perlu dan harus bisa dilakukan oleh seorang PR tentunya. Dalam mata kuliah Penulisan Kreatif Humas saya di beri materi mengenai Press Realese yang dimana dalam pembuatannya seorang PR harus mampu untuk berfikir kreatif dalam menjalankan praktik kerja nya, tuntutan tersebut menjadi salah satu cara bagaimana seorang pr bisa mengembangkan sebuah perusahaan dan organisasi nya. INGAT! seorang PR juga harus mampu mengenal publiknya, mengapa? Karena publik adalah pihak yang sangat mempengaruhi dan dapat dipengaruhi oleh sebuah perusahaan atau organisasi.Â
Selama semester 4 ini saya dapat banyak hal mengenai PR, seorang PR selain harus pintar dalam berbicara juga harus tau bagaimana ia menjaga informasi penting mengenai perusahaan atau organisasi nya, bagaimana menciptakan pemikiran yang kreatif. Ada beberapa hal yang perlu seorang PR tanamkan dalam melakukan praktik kerja nya yaitu Branding, Citra, dan Promosi hal ini perlu dilakukan karena hal ini sudah menjadi bagian penting bagi seorang PR, melalui 3 hal tersebut seorang pr dapat melakukan praktik kerja nya dengan baik dan menciptakan citra yang positif dalam masyarakat melalui menulis press release, membuat News, Event, dan Publication.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H