Mohon tunggu...
Flora Flora
Flora Flora Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya mempunyai hobby membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Perkembangan Sosial Vygotsky

20 Oktober 2024   14:27 Diperbarui: 20 Oktober 2024   14:28 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Teori sosiokultural tentang pembelajaran manusia menjelaskan pembelajaran sebagai proses sosial. Teori ini percaya bahwa kecerdasan manusia berasal dari lingkungan budaya kita dan bahwa interaksi sosial memainkan peran kunci dalam mengembangkan kognisi. Lev Vygotsky, seorang psikolog Soviet, sezaman dengan kontributor hebat lainnya di bidang psikologi pembelajaran seperti Jean Piaget. Namun, Vygotsky tetap tidak dikenal selama beberapa dekade, sebagian karena kematiannya yang tragis di usia 37 tahun dan penindasan karyanya di negaranya, Rusia. Teori sosiokultural telah diperluas dan dimodifikasi oleh berbagai sarjana lain di bidang psikologi.

Vygotsky termasuk dalam aliran pemikiran psikologis konstruktivisme, yang anggotanya mengadopsi pendekatan epistemologis. Pendekatan ini menekankan bagaimana pembelajar secara aktif membangun pengetahuan dari pengalaman mereka sebelumnya. Pengalaman ini sering kali bergantung pada lingkungan sosial dan budaya tempat individu tersebut tinggal. Artinya, perkembangan kognitif terjadi pertama kali sebagai hasil interaksi sosial dengan orang lain yang diinformasikan oleh budaya individu tersebut. 

Ada tiga bidang utama teori sosiokultural -- teori perkembangan sosial Vygotsky:

Zona perkembangan proksimal (ZPD) 

Pidato pribadi 

Bermain berpura-pura 

Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) sangat relevan dengan pendidikan dan perawatan anak usia dini. Vygotsky berpendapat bahwa konsep Zona Perkembangan Proksimal sangat penting dalam menyesuaikan perawatan dan pendidikan agar sesuai dengan setiap anak. Vygotsky mendefinisikan ZPD sebagai: "jarak antara tingkat perkembangan aktual sebagaimana ditentukan oleh pemecahan masalah secara mandiri (oleh individu) dan tingkat perkembangan potensial sebagaimana ditentukan melalui pemecahan masalah di bawah bimbingan orang dewasa, atau bekerja sama dengan teman sebaya yang lebih mampu." Oleh karena itu, ZPD adalah apa yang dapat dilakukan anak dengan bimbingan minimal. 

Setelah ini, Vygotsky memperkenalkan "orang lain yang lebih berpengetahuan" yang merupakan tempat pembelajaran oleh anak terjadi melalui interaksi sosial dengan tutor yang terampil. Ini bisa menjadi guru, teman sebaya, anak yang lebih tua atau bahkan program komputer. Shaffer (1996) menjelaskan hal ini melalui contoh seorang gadis kecil yang berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan teka-teki sendiri. Dia berjuang, pada awalnya, mencoba untuk mencocokkan potongan-potongan di tempat yang tidak seharusnya. Ayahnya campur tangan setelah mengamatinya dan menunjukkan strategi dasar dalam melakukan jigsaw seperti mengelompokkan dan menyortir berdasarkan ukuran/gambar/bentuk sambil mendorongnya untuk mencoba strategi ini sendiri. Sang ayah terus membimbingnya tetapi ketika anak menjadi lebih percaya diri, ia mengizinkannya untuk bekerja lebih mandiri. Contoh ini menunjukkan bagaimana komunikasi, interaksi sosial, dan pembelajaran kolaboratif meningkatkan perkembangan kognitif

Seperti yang ditunjukkan dalam contoh dengan gadis kecil tersebut, bantuan terampil yang diberikan oleh orang lain yang lebih berpengetahuan dapat membantu anak menguasai tugas-tugas yang berada dalam ZPD mereka. Seiring perkembangan anak dengan dukungan orang dewasa, ZPD dapat diperluas dan keterampilan anak dapat ditingkatkan. 

Pidato pribadi -- Teori perkembangan sosial Vygotsky

Private speech dipahami sebagai ujaran yang diarahkan ke dalam diri sendiri. Tujuan private speech dalam pandangan Vygotsky adalah untuk membimbing diri sendiri dan mengatur perilaku. Mungkin inilah sebabnya hal ini biasanya dapat diamati pada anak-anak berusia antara 2 dan 7 tahun. Vygotsky juga mencatat bahwa terdapat korelasi positif antara penggunaan private speech oleh anak-anak dan pencapaian tugas-tugas yang rumit. Memang, pada awalnya hal ini digunakan oleh anak, bukan untuk berkomunikasi dengan anggota lingkungan eksternal mereka tetapi untuk tujuan intrapersonal. Anak bergulat dengan tugas-tugas rumit dalam lingkungan mereka saat ia terus berinteraksi dengan lingkungan sosial mereka. Akhirnya, private speech menjadi terinternalisasi biasanya pada saat anak mulai masuk sekolah dasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun