Mohon tunggu...
Fit Awaliyah
Fit Awaliyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa yang suka mendengarkan podcast dan mengeksplor hal baru yang dianggap menarik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Brand Uniqlo dan Strategi Marketing yang Understanding

23 Oktober 2024   15:30 Diperbarui: 23 Oktober 2024   15:31 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ketika mendemgar kata "brand Uniqlo" pasti sudah tidak asing lagi. Ya, brand fashion satu ini memang masih terus eksis dan melebarkan sayapnya di dunia fashion utamanya.

Nama Uniqlo berasal dari nama toko pertama bernama Unique Clothing Warehouse yang dibuka Tadashi Yanai di Kota Hiroshima pada 2 Juni 1984, yaitu perusahaan Jepang dalam bidang perencanaan produk, produksi, distribusi pakaian kasual. Perusahaan ini membuka toko eceran pakaian kasual dengan merek Uniqlo yang berkantor pusat di Sayama, Kota Yamaguchi, Prefektur Yamaguchi.

Tak hanya memproduksi pakaian kasual, Uniqlo juga memproduksi pakaian olahraga. Uniqlo menyebut model bisnisnya sebagai SPA (Specialty store retailer of Private label Apparel) atau toko pengecer khusus untuk pakaian merek sendiri. Perusahaan ini mengelola sendiri dari desain, produksi, sampai kepada penjualan secara eceran.

Langkah pertama ekspansi ke luar Jepang dilakukan dengan membuka kantor Uniqlo di Shanghai pada April 1999. Toko pertama di luar Jepang adalah toko Uniqlo London yang dibuka pada September 2001 di London, Britania Raya. Sedangkan toko pertama Uniqlo di Tiongkok dibuka pada September 2002 di Shanghai.

Sejarah Expansi Brand Uniqlo di Indonesia

Uniqlo pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2013, terletak di Lotte Shopping Avenue (sekarang Lotte Mall) di superblock Ciputra World Jakarta. Ritel pertamanya di Indonesia dibuat sebagai megastore dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Pada tahun yang sama, Uniqlo membuka dua gerai lainnya, yaitu di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, dan Mal Kelapa Gading 3, Jakarta Utara.

Uniqlo memiliki sejarah yang manis dalam perkembangannya di Indonesia. Karena pada saat itu, ritel Uniqlo langsung diterima oleh masyarakat luas. Uniqlo Sukses membuka toko pertamanya di Indonesia pada tahun-tahun berikutnya dan mereka terus mengembangkan bisnis serta melebarkan sayap dengan  membuka toko-toko di tempat lainnya.

Pada tahun 2014, Uniqlo mulai berencana melebarkan sayapnya dan membuka gerai di luar Jakarta untuk pertama kalinya. Gerai pertama Uniqlo yang dibuka di luar Jakarta adalah di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, pada bulan April 2014. 

Kota Tangerang menjadi kota pertama yang Uniqlo pilih setelah berencana untuk melebarkan sayap menyasar pasar di luar kota Jakarta. Pada bulan Oktober 2014, Uniqlo membuka dua gerai lainnya, yaitu di Summarecon Mall Bekasi. Pada tahun 2015, Uniqlo membuka tiga gerai lainnya, yaitu di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Pada tahun 2017, Uniqlo membuka gerai pertama di Bandung dan Surabaya, diikuti dengan gerai pertama di pulau Sumatra, yaitu di Medan pada tahun 2018. Perkembangan brand asal Jepang ini terus berlanjut sampai saat ini sudah lebih dari 70 toko yang dibuka di kota-kota besar Indonesia, baik di pulau Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Sulawesi.

Di Indonesia, Uniqlo juga memiliki kehadiran yang kuat di media sosial. Uniqlo Indonesia memiliki lebih dari 2 juta pengikut di Instagram dan lebih dari 782.000 pengikut di Tiktok, menjadikannya halaman Uniqlo yang paling banyak diikuti di negara ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun