DAFTAR ISIÂ
KATA PENGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
A. Â Latar Belakang
B. Â Rumusan Masalah
C. Â Tujuan
 BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Model Pembelajaran
B. Â Hakikat Belajar dan Pembelajaran
C.  Dasar Pertimbangan Pemilihan dan        Model Pembelajaran
D. Ciri-ciri Model Pembelajaran
E. Macam-macam Model Pembelajaran
 BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
      Â
  DAFTAR PUSTAKA
                 BAB I
          PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
     Belajar pada hakikatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses tersebut melalui berbagai pengalaman. Kegiatan pembelajaran dilakukan oleh dua orang pelaku, yaitu guru dan siswa. Perilaku mengajar dan perilaku belajar tersebut terkait dengan bahan pembelajaran. Bahan pembelajaran dapat berupa pengetahuan, nilai-nilai kesusilaan, seni, agama, sikap, dan keterampilan. Hubungan antara guru, siswa dan bahan ajar bersifat dinamis dan kompleks. Untuk mencapai keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran, terdapat beberapa komponen yang dapat menunjang, yaitu komponen tujuan, komponen materi, komponen strategi belajar mengajar, dan komponen evaluasi. Masing-masing komponen tersebut saling terkait dan saling mempengaruhi satu sama lain. Dan komponen-komponen pembelajaran tersebut harus diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menentukan model-model pembelajaran apa yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Model-model pembelajaran biasanya disusun berdasarkan berbagai prinsip atau teori sebagai pijakan dalam pengembangannya. Biasanya mempelajari model-model pembelajaran didasarkan pada teori belajar yang di kelompokan menjadi empat model pembelajaran. Model tersebut merupakan pola umum perilaku pembelajaran untuk mencapai kompetensi/tujuan pembelajaran yang diharapkan. Jocyce & Weil berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum dan pembelajaran di kelas atau di luar kelas. Model pembelajaran dapat dijadikan pola pilihan, artinya para guru boleh memilih model pembelajaran yang sesuai dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran.
B. Rumusan Masalah
     Berdasarkan latar belakang tersebut, maka muncullah permasalahan-permasalahan, yaitu :
1. Sebutkan pengertian model                 pembelajaran?
2. Sebutkan hakikat dari belajar dan          pembelajaran
3. Apa saja dasar pertimbangan pemilihan    model pembelajaran?
4. Sebutkan ciri-ciri model pembelajaran?
5. Sebutkan macam-macam model           pembelajaran?
C. Tujuan
     Adapun tujuan dari penyusunan  makalah ini adalah :
1. Mengetahui pengertian model              pembelajaran.
2. Mengetahui hakikat dari belajar dan        pembelajaran.
3. Mengetahui dasar pertimbangan           pemilihan model pembelajaran.
4. Mengetahui berbagai macam model- Â Â Â Â Â Â model pembelajaran.
               BAB II
           PEMBAHASAN