Mohon tunggu...
Fitriyah Nurjanah
Fitriyah Nurjanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pelajar/Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menyentuh Hati Pelanggan: Strategi Pemasaran Emosional Dalam Industri Furniture

24 Januari 2024   15:47 Diperbarui: 24 Januari 2024   19:59 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senin (23/10/2023) Mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, melakukan observasi ke CV. Rakyat meubel furniture. Hal ini bertujuan untuk melaksanakan tugas akhir mata kuliah Manajemen Strategi. Kegiatan ini dilakukan oleh Elok Faiko, Ela Anatasya Hutabarat, Fitriyah Nurjanah, Fadhil Fadlurrahman, dan Annisa Fitri, dengan dosen pembimbing Sandi Nasrudin Wibowo, SE. MM. Kami melakukan observasi dengan narasumber  CV. Rakyat meubel furniture bernama Ibu Eliya Basalamah selaku owner CV. Rakyat meubel furniture

Salah satu kebutuhan utama suatu ruang dalam bangunan adalah furniture, yang juga dikenal sebagai mebel, yang mengisi ruang dan berfungsi sebagai pelengkap. Furniture digunakan untuk menyimpan barang dalam atau luar ruangan. Bisnis Furniture merupakan bisnis yang berkembang saat ini. Terjun ke dalam dunia wirausaha dengan memanfaatkan skill desain, skill penjualan dan mempunyai pengalaman di bidang furniture merupakan awal yang baik untuk mengawali bisnis furniture.

CV. Rakyat meubel furniture didirikan pada tahun 2011 dan sampai saat ini, CV. Rakyat meubel furniture dirintis oleh sepasang suami istri yaitu Ade Khaerudin dan Eliya Basalamah, awal mula terbentuknya CV. Rakyat meubel furniture dimulai dari saudara Ade Khaerudin menjadi jasa service sofa dan terpikirkan oleh beliau untuk membuka toko meubel furniture dan berkembang sampai sekarang  sudah memiliki 3 cabang di kabupaten kuningan, dan nama CV. Rakyat meubel furniture itu sendiri diambil dari kata  "RAKYAT"  yang artinya merakyat.

Pasar bisnis furniture berkembang seiring dengan pergeseran demografi dan kebiasaan konsumen yang berubah ubah. Tidak ada penjual furniture yang memiliki strategi pemasaran yang sama dengan yang lainnya. Setiap perusahaan pasti memiliki strategi yang terbaik untuk perusahaannya dan CV. Rakyat meubel furniture menjalankan strategi pemasaran dengan menetapkan target pasar mereka sesuai dengan namanya yaitu rakyat yang artinya merakyat jadi bisa dibeli oleh rakyat karena jika ada produk yang tersedia dibanyak toko maka CV. Rakyat meubel furniture memilih tidak menaikan harga atau dijual dibawah standar karena produk -- produk dari CV. Rakyat meubel furniture disupply langsung dari pabrik dengan jumlah banyak agar mendapatkan harga modal yang jauh lebih murah dan bergaransi.

Untuk menarik pelanggan, dan dari segi promosi  CV. Rakyat meubel furniture ini memberikan potongan harga atau gift dengan minimal pembelanjaan 20 juta. CV. Rakyat meubel furniture hanya mengandalkan word of mouth atau mulut ke mulut namun seiring berkembangnya zaman CV. Rakyat meubel furniture kini sudah mulai menggunakan media sosial untuk mempromosikan produknya seperti menggunakan facebook, whatsapp, dan instagram.

dok. pri
dok. pri


Banyaknya persaingan anatar bisnis furniture menuntut para pembisnis untuk melakukan pendekatan jangka panjang yang digunakan suatu bisnis untuk memperoleh keunggulan kompetitif dimata target komsumen mereka. CV. Rakyat meubel furniture memiliki keunggulan kompetitif dari segi kualitas pelayanan yang baik seperti senyum, sapa, salam, sopan, santun, dan ramah kepada konsumen. Dengan tekat dan ketekunan yang tinggi, Bapak Ade Khaerudin dan Ibu Eliya Basalamah berhasil membuat CV. Rakyat meubel furniture menjadi sukses dan berkembang sampai saat ini.

CV. Rakyat meubel furniture memiliki lokasi yang sangat strategis yang bertepatan dipinggir jalan yang mana merupakan jalan utama, CV. Rakyat meubel furniture ini juga mendisplay toko dengan rapih dan dengan penataan produk yang variasi agar dapat menarik pelanggan dan dapat menciptakan rasa implusif.

CV. Rakyat meubel furniture ini memiliki beberapa strategi pemasaran diantaranya adalah promosi, harga, kualitas pelayanan, dan lokasi. Dimana strategi promosi dengan memberikan gift atau potongan harga dengan minimal pembelian 20 juta dan juga mempromosikannya  menggunakan sistem word of mouth dan beberapa social media, kemudian strategi harga CV. Rakyat meubel furniture memilih tidak menaikan harga atau dijual dibawah standar, adapun kualitas pelayanan yang diterapkan oleh CV. Rakyat meubel furniture yaitu 5s dan ramah kepada pelanggan, dan lokasi CV. Rakyat meubel furniture berada di tempat yang strategis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun