Latar Belakang
Strategi marketing/pemasaran sangat penting dalam mengembangkan bisnis, dengan strategi marketing dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan sebuah bisnis, serta agar bisnis berjalan dengan baik. Saat era saat ini analisis pasar sangat penting dengan perkembangan teknologi telah memberikan akses yang lebih luas, dengan adanya teknologi perusahaan dapat menganalisis trend, pola perilaku dan preferensi yang dapat di gunakan untuk merancang strategi marketing yang lebih efektif.
Pembahasan
Strategi pemasaran yang efektif dapat membantu perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik, dengan mempertimbangkanperan teknologi di era saat ini, peran teknologi digital, data analis, dan sosial media. Ada beberapa poin penting yang terkait dengan strategi marketing/pemasaran:
- Segmentasi Pasar yaitu strategi pemasaran dengan pemahaman yang mendalam dan menentukan siapa yang akan menjadi target pasar.
- Pemosisian yaitu menciptakan citra sesuai dengan nilai yang ditawarkan dan membedakan dengan pesaing.
- Bauran Pemasaran(Marketing mix) yaitu elemen utama yang biasa digunakan oleh perusahaan untuk merancang strategi pemasaran. Adama 4 Elemen yaitu:
- Product: Yaitu berkaitan dengan barang atau jasa yang akan ditawarkan pada pelanggan, yang mencakup fitur,merek, kualitas, dan inovasi.
- Price: Penetapan harga yang sesuai untuk barang atau jasa yang akan di tawarkan pada pelanggan, serta menghasilkan keuntungan yang memadai.
- Place: Hal ini mengacu pada barang atau jasa, seperti penempatan di toko fisik, e-comers, dan penjualan secara online.
- Promotion: Mencakup berbagai upaya promosi berupa barang atau jasa yang akan di tawarkan, bisa dengan cara melakukan pemasaran digital, strategi komunikasi, iklan, konten dan lainnya. Dengan cara promosi berupaya agar memotivasi pelanggan untuk membeli produk yang dijual.
- Inovasi Pemasaran yaitu seperti pemasaran viral(trend), pemasaran konten yanjg menarik dan kreatif untuk menarik hati pelanggan.
- Kemitraan strategis/tempat yang strategis yaitu tempat yang ramai dan mudah dijangkau oleh para konsumen.
Penutup
Strategi pemasaran ini dirancang dengan tujuan mengembangkan bisnis, dengan beberapa langkah strategi yang sering di gunakan oleh para pengusaha, dengan implementasi strategi pemasaran yang tepat, kita dapat memperluar target pasardan meningkatkan penjualan.
Kesimpulan dan saran
Evaluasi dan koreksi strategi pemasaran dan melakukan perubahan jika diperlukan, tingkatkan analisis pasar secara teratur, perbanyak relasi dan fokus membangun citra merek yang positif, hal ini sebagai evaluasi untuk perkembangan bisnis kedepannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H