Teori belajar sosial yang dikembangkan oleh Albert Bandura adalah pendekatan dalam psikologi yang menekankan bahwa pembelajaran terjadi melalui pengamatan dan peniruan perilaku orang lain. Bandura percaya bahwa pembelajaran tidak hanya bergantung pada pengalaman langsung (trial and error), tetapi juga melalui observasi lingkungan sosial.
Berikut adalah prinsip utama dari teori belajar sosial Bandura:
1. Pembelajaran Melalui Observasi (Observational Learning)
Individu belajar dengan mengamati perilaku orang lain (model) dan konsekuensi dari perilaku tersebut.
Model bisa berupa orang di sekitar (orang tua, teman, guru) atau media (TV, internet, buku).
2. Proses Pembelajaran
Bandura mengidentifikasi empat proses yang memengaruhi pembelajaran melalui observasi:
Atensi: Individu harus memperhatikan model untuk belajar. Hal ini dipengaruhi oleh faktor seperti daya tarik model, relevansi perilaku, dan minat individu.
Retensi: Informasi yang diperoleh harus disimpan dalam bentuk representasi mental agar dapat diingat dan digunakan di masa depan.
Reproduksi: Individu mencoba mereproduksi perilaku yang diamati, yang memerlukan keterampilan dan latihan.
Motivasi: Individu harus termotivasi untuk meniru perilaku. Motivasi dipengaruhi oleh imbalan, hukuman, atau penguatan yang diamati.