positif kepada rekan-rekan sejawat di sekolah pada hari Jumat, 24 Agustus 2024. Kegiatan diseminasi ini sebagai ruang untuk berbagi informasi dan berkolaborasi antar tenaga pendidik di sekolah saya. Kami ingin bersinergi untuk belajar bersama tentang Disiplin Positif dan bagaimana strategi yang harus dilakukan untuk mewujudkannya menjadi budaya positif baik di lingkup kelas maupun sekolah.
Pada akhir pembelajaran Modul 1.4 ini, saya melakukan aksi nyata yaitu dengan diseminasi tentang budayaRincian Materi yang saya sampaikan dalam diseminasi adalah sebagai berikut :
- Perubahan paradigma pembelajaran merupakan pembelajaran yang dirancang berdasarkan prinsip pembelajaran berpihak kepada murid dan berdiferensiasi, sehingga setiap murid akan belajar sesuai dengan kebutuhan dari tahap perkembangannya.
- Displin positif adalah pendekatan untuk mendidik murid yang bertujuan untuk membentuk control diri, sehingga mereka bisa berperilaku dengan berpedoman kepada nilai-nilai kebajikan universal.
Setiap perilaku yang dilakukan oleh murid kita pasti punya motivasi tertentu yang terbagi menjadi tiga, yaitu untuk menghindari ketidaknyamanan / hukuman, mendapatkan imbalan atau penghargaan, kemudian motivasi yang paling baik adalah untuk menjadi orang yang mereka inginkan dengan nilai-nilai yang mereka percayai.
Ada 5 macam kebutuhan dasar manusia, yaitu : bertahan hidup, kasih sayang dan rasa diterima, penguasaan, kebebasan, dan kesenangan.
Diperlukan suatu nilai yang membantu murid untuk berbudaya positif, yaitu keyakinan kelas. Keyakinan kelas adalah  nilai-nilai kebajikan universal yang disepakati oleh guru dan murid dalam kelas sebagai acuan dalam berperilaku terhadap diri sendiri dan orang lain dalam lingkungan tersebut.
Budaya positif juga bisa diwujudkan dengan memiliki posisi kontrol terbaik sebagai seorang guru dalam merespon tindakan indisipliner murid. Posisi Kontrol tersebut adalah penghukum, pembuat merasa bersalah, teman, pemantau dan manager. Dalam hal ini posisi manager di anggap sebagai posisi control yang terbaik dan ideal untuk diterapkan.
Pada posisi manager guru tidak berperan sebagai pengatur perilaku muridnya, melaikan guru sebagai pembimbing murid agar bisa mengatur dirinya menjadi pribadi dengan karakter yang lebih kuat lagi. Disinilah konsep disiplin identitas sukses diterapkan melalui segitiga restitusi yang memiliki 3 tahapan, yaitu : menstatabilkan identitas, validasi tindakan yang salah dan menanyakan keyakinan
Selain kegiatan diseminasi, saya juga menerapkan praktik Penyusunan Keyakinan Kelas dan penggunaan Segitiga Restitusi terhadap permasalahan siswa.Untuk  kegiatan penyusunan keyakinan kelas, saya terapkan di kelas 5.incian kegiatan ini adalah :Mendiskusikan pentingnya kesepakatan kelas. Guru bisa bertanya kepada siswa mengapa penting untuk memiliki kesepakatan bersama di kelas.
Gambarkan kelas yang ideal. Siswa bisa menuliskan pada kertas sticky note yang dibagi oleh guru.
Diskusi merumuskan poin kesepakatan.
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!