AKSI NYATA
PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
- Latar belakang
Ekosistem pendidikan di sekolah harus diciptakan sedemikian rupa sehingga menjadi pendorong warga sekolah. Sekolah sebagai sebiah ekosistem diartikan sebagai sebuah lingkungan tempat berinteraksinya faktor biotik (faktor makhluk hidup) dengan faktor abiotik ( faktor tak hidup). Kedua faktor tersebut harus saling mendukung dan melengkapi program-program yang telah direncanakan sehingga tercapai tujuan bersama. Mulai dari murid sampai pada guru berkontribusi mengembangkan potensi yang dimiliki sekolah.
Guru sebagai pemimpin pembelajaran banyak strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu diantaranya adalah mengelolah sumber daya/aset dengan memanfaatkan di sekolah maupun daerah yang bisa memaksimalkan ketercaiapaian pembelajaran murid. Aset di luar sekolah atau aset daerah tentunya akan sangat bermanfaat dalam menunjang pembelajaran di sekolah utamanya bagi murid. Oleh sebab itu guru sebagai pemimpin pembelajaran harus mampu mengelolah aset sebagai sumber daya dalam pembelajaran. Agar mampu mengelolah dengan baik, guru terlebih dahulu memetakan 7 aset sumber daya di sekolah yang terdiri atas aset manusia, aset sosial, fisik, finansial, politik, lingkungan dan agama budaya.
Salah satu nilai seorang guru adalah kolaboratif, Â pemetaan sumber daya/asset melibatkan seluruh warga sekolah dan atau berkolaborasi dengan pihak lain yang memiliki perhatian terhadap kemajuan sekolah sehingga dapat memaksimalkan pemanfaatan asset yang dimiliki oleh sekolah.
- Tujuan
Pemanfaatan aset dapat mengoptimalkan potensi yang ada demi terlaksananya program kegiatan yang direncanakan. Dengan pemetaan aset pemimpin pembelajaran dapat mengelola sumber daya yang ada agar dapat mendukung pencapaian program kegiatan di sekolah. Pemanfaatan asset sekolah secara optimal dapat menunjang pembelajaran, meningkatkan minat belajar, dan meningkatkan prestasi sekolah.
- Lini masa tindakan
Merancang aksi nyata yang akan dilakukan dan berkordinasi dengan kepala sekolah mengenai hasil rancangan yang telah dibuat
Melakukan sosialisasi dan pemetaan sumber daya/aset kepada rekan sejawat
Melakukan sosialisasi dan pemetaan sumber daya/aset kepada murid
Melakukan sosialisasi dan pemetaan sumber daya/aset kepada orang tua murid
Menyusun pemetaan sumber daya/aset yang telah didiskusikan sebelumnya dengan pihak terkait.
- Dukungan yang dibutuhkan