PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) PADA ORANG
Orang dewasa masih perlukah belajar? Pertanyaan seperti itu sudah sering terdengar ditelinga kita tentunya. Namun bagaimanakah kita menjawabnya? Sebenarnya jawabannya sangat mudah, namun kita dalam mengungkapnya itu yang susah.
Belajar pada sebenarnya bukan hanya diperuntukkan bagi anak-anak, namun orang dewasa juga masih perlu belajar. Hal itu karena orang dewasa mengalami berbagai problema kehidupan yang lebih rumit.
Selain itu, terdapat pepatah yang mengatakan bahwa “tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat” dari situ sudah jelas kalau orang dewasa masih butuh untuk belajar kan ya.
Seiring bertambahnya usia bumi, dunia pendidikan juga sudah seharusnya memiliki perkembangan dalam setiap tahunnya. Pendidikan merupakan sarana penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) guna menjamin kelangsungan hidup generasi suatu bangsa. Untuk itu sangat perlu digalakkan pentingnya belajar bagi orang dewasa.
Nah, model pembelajaran yang bagaimana sih agar orang dewasa itu betah dan semakin aktif dalam belajarnya?
Model pembelajaran kooperatif Number Heads Together (NHT) bisa nih menjadi solusinya.
Model pembelajaran adalah suatu rancangan yang digunakan untuk merencanakan pembelajaran di kelas. Supaya pelajar semakin aktif dan kreatif didalam kelas, maka dapat menerapkan pembelajaran kooperatif Number Heads Together (NHT). Model pembelajaran tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik pelajar dan meningkatkan interaksi antar pelajar.
Cooperatif learning Number Heads Together (NHT) pertama kali dikembangkan oleh Spenser Kagen (1993) yang mana melibatkan pelajar dalam jumlah banyak untuk menelaah materi yang tercakup dalam pelajaran serta memeriksa seberapa tinggi tingkat pemahaman pelajar mengenai isi dari materi yang diajarkan.
Model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) adalah model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada rasa tanggung jawab baik untuk individu maupun kelompok guna memahami materi yang dipelajari sehingga pelajar dapat berperan secara aktif dan hasil belajar pelajar dapat meningkat (Fiteriani & Baharudin, 2017).
Teknik belajar mengajar kepala bernomor Number Heads Together merupakan teknik yang dilakukan dengan cara memberikan kesempatan kepada pelajar untuk saling membagikan gagasan ataupun ide serta mempertimbangkan dari berbagai jawaban dan dipilih yang paling tepat. Teknik ini dapat digunakan untuk semua tingkatan peserta didik, terutama orang dewasa.