Mohon tunggu...
Fitrianingsih
Fitrianingsih Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mendengarkan Musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ketertarikan Generasi Muda terhadap Sepatu Lokal

28 November 2023   20:21 Diperbarui: 28 November 2023   20:42 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Generasi muda memainkan peran penting dalam menggerakkan roda ekonomi dengan membeli produk lokal berkualitas. Dalam beberapa tahun terakhir, generasi muda di Indonesia telah menunjukkan minat yang meningkat dalam produk lokal. Mereka memahami bahwa dengan memilih produk dalam negeri, mereka dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara mereka sendiri, yang pada akhirnya akan memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat.

Peran penting generasi muda dalam mendorong konsumsi produk dalam negeri juga menghadapi tantangan. Salah satunya adalah persaingan dengan produk impor yang seringkali lebih terjangkau harganya. Maka dari itu, pemerintah dan produsen lokal perlu bekerja sama untuk menciptakan strategi yang mempromosikan produk lokal sebagai pilihan yang menguntungkan dan berkelanjutan salah satunya yaitu mempromosikan melalui platform media sosial yang telah menjadi alat yang kuat dalam membantu generasi ini menyebarluaskan pesan mereka tentang produk dalam negeri.

Aerostreet, sebuah merek sepatu lokal asal Klaten, Jawa Tengah, telah berhasil menembus pasar global dengan menawarkan produk berkualitas yang dapat dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah. Berawal dari menjual sepatu sekolah, pemilik brand lokal Aerostreet, Adhitya Caesarico, kemudian mengembangkan bisnisnya dengan menawarkan model lain dan menambah variasi produk. Saat ini, Aerostreet menawarkan berbagai jenis sepatu, mulai dari sepatu olahraga, sneakers kasual, hingga sepatu formal.

Aerostreet menawarkan sepatu berkualitas dengan harga yang terjangkau, sehingga dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Seperti slogan dari Aerostreet, "Now Everyone Can Buy Good Shoes", yang terselip harapan agar semua orang dari kalangan mana pun dapat membeli sepatu berkualitas dengan harga terjangkau. Dengan membeli produk lokal berkualitas seperti Aerostreet, generasi muda dapat membantu pertumbuhan ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi dampak lingkungan yang dihasilkan dari impor produk dari luar negeri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun