Mohon tunggu...
Fitriani Lalang
Fitriani Lalang Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA PPG PRAJABATAN ANGKATAN 1 TAHUN 2023 UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG NTT

saya suka mendengarkan musik, suka memotret (pantai, sunset, langit, alam dll)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia

2 Desember 2023   20:46 Diperbarui: 2 Desember 2023   21:46 2374
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

                    Pancasila memiliki peran yang sangat penting sebagai entitas dan identitas bangsa Indonesia, serta dalam perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada pendidikan yang berpihak pada peserta didik dalam pendidikan abad ke-21. Sebagai entitas, Pancasila memiliki keberadaan unik dengan keberagaman nilai yang terkandung di dalamnya. Sebagai identitas, Pancasila mencerminkan ciri khas yang membedakan bangsa Indonesia dari bangsa lain karena seluruh masyarakatnya selalu berefleksi terhadap nilai-nilai atau pedoman yang terkandung pada Pancasila. Profil Pelajar Pancasila (PPP) merupakan konsep pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, seperti memiliki keyakinan dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berperilaku yang mulia, memiliki sikap inklusif, mampu bekerja sama, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif.

                  Dalam menghayati Pancasila sebagai entitas dan identitas bangsa Indonesia, serta dalam perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada pendidikan yang berpihak pada peserta didik dalam pendidikan abad ke-21, terdapat beberapa tantangan yang perlu dihadapi. Beberapa tantangan tersebut antara lain:

1. Tantangan dalam menghayati Pancasila sebagai entitas dan identitas bangsa Indonesia:

  • Memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila secara mendalam.
  • Mengatasi polarisasi dan konflik yang muncul dalam masyarakat terkait dengan interpretasi dan penerapan Pancasila

2. Tantangan dalam perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada pendidikan abad ke-21:

  • Mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam kurikulum dan pembelajaran.
  • Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif untuk pengembangan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
  • Melibatkan peran orang tua dalam mendukung pembelajaran yang berbasis pada Profil Pelajar Pancasila.

Dalam ekosistem sekolah (kelas), implementasi Pancasila sebagai entitas dan identitas bangsa Indonesia, serta perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada pendidikan abad ke-21 dapat dilakukan melalui berbagai upaya, antara lain:

  • Pengembangan kurikulum yang menekankan integrasi nilai-nilai Pancasila.
  • Pelatihan bagi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila.
  • Pengawasan dan evaluasi yang ketat untuk memastikan kualitas implementasi pembelajaran.

Dengan demikian, pemahaman dan implementasi yang mendalam terkait dengan Pancasila sebagai entitas dan identitas bangsa Indonesia, serta perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada pendidikan yang berpihak pada peserta didik dalam pendidikan abad ke-21 sangat penting untuk membangun karakter dan identitas bangsa yang kuat.

Daftar Referensi:

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun