Mohon tunggu...
Bunga Fitriani
Bunga Fitriani Mohon Tunggu... -

Mahasiswi Akuntansi yang lebih senang menulis dan membaca || www.tulisan-bungaf.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Traveller Manis, Oh Indahnya

20 Maret 2014   00:33 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:44 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

ini sudah hari ke-5 saya dan teman saya masih sibuk meng-update harga tiket masuk beberapa kawasan wisata.

ya, saya adalah seorang staf keuangan di salah satu perusahaan Tour & Travel. Minggu lalu, saya dihubungi oleh salah satu entitas di Bandung. Seseorang yang berbicara disana menginginkan saya menemuinya saat itu juga untuk membicarakan masalah Tour. Singkatnya, kami bertemu dan saya menerima beberapa permintaan paket wisata domestik dan internasional untuk jumlah pax yang cukup besar.

Salah satu teman saya, mencoba menghubungi semua tempat wisata yang diinginkan, meminta harga terbaru, menyusun paket wisata yang sesuai budget mereka. Jujur untuk masalah tour saya tidak cukup tahu, saya hanya sedikit-sedikit membantu saja.

Awal minggu ini kami sudah harus mengumpulkan permintaan mereka. Teman saya mempresentasikan seluruh permintaan tour mereka, kami menyusun semua paket dengan harga pasar yang bersaing. Tidak terlalu tinggi, apalagi dengan permintaan tour package's all in, kami rasa harga tersebut sudah terjangkau.

Banyaknya pembenaran mengenai harga yang mereka lihat di website. Mereka menyangkal harga tiket pesawat yang tinggi. Mereka mengcompare dengan harga tiket atau hotel yang promo. Perjalanan wisata sebelumnya ke destinasi yang sama membuat mereka menyamakan harga. Sungguh, ini cukup kejam untuk kami orang travel.

Penawaran kami yang sudah berdasarkan permintaan mereka, di press lagi dalam segi harga. Untuk saya yang tidak terlalu banyak andilnya dalam penyusunan paket tentu hanya merasa sedikit tercekik, tetapi untuk teman saya yang menyusun semuanya dari awal, saya yakin ia sangat tercekik.

Disini, kami sebagai seorang yang bekerja dalam hal pelayanan jasa. Sering kali merasa kurang nyaman dengan pembenaran yang dilakukan oleh calon customer. FYI: Pembelian FIT (Free Individual Traveller) dan GIT (Group Individual Traveller) tentu berbeda. Tak ada tiket promo dalam pemesanan secara group. Dan satu hal lagi, tolong dengarkan kami disini sebagai pelayan yang ingin menjamu tamunya dengan baik. Jangan terlalu banyak excuse, dan percayalah kami tidak akan memberikan nilai yang tidak sesuai. Kami sebagai penyedia layanan jasa wisata tentu lebih mengetahui product knowledge ter-up to date.


Jadilah traveller yang menyenangkan untuk berbagi informasi apapun, demi menjaga kenyamanan kedua belah pihak.

just being a good traveller, happy travelling :)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun