Puding adalah olahan makanan yang berbahan dasar pati diolah dengan cara direbus (boiled), dikukus (steamed), dan dibakar (baked). Puding merupakan salah satu hidangan penutup atau makanan pencuci mulut yang disajikan pada akhir jamuan.
Selain sarat akan serat dan vitamin, puding banyak diminati karena memiliki jenis dan varian yang bermacam-macam. Saat ini puding sudah berhasil dikembangkan untuk mengimbangi perkembangan zaman. Bahkan puding tidak hanya untuk hidangan penutup ataupun makanan pencuci mulut tetapi sebagai camilan atau snack yang dapat dinikmati tanpa kenal waktu.
Puding telah dikembangkan dalam berbagai macam bentuk, antara lain "puding cup, puding box, puding loyang" dan masih banyak lagi. Begitupung dengan perkembangan varian, banyak dijual berbagai macam varian rasa, manis, low sugar, plain dan sebagainya. Tidak hanya macam bentuk dan varian, perkembangan puding berhasil menciptakan berbagai macam campuran atau topping yang menambah kenikmatan dan daya tarik, sehingga bisa dikonsumsi baik anak-anak, remaja, dewasa, maupn orang tua.
Bahkan, puding juga turut menjadi alternatif makanan hantaran di berbagai perayaan.
Peluang usaha puding cukup menggiurkan untuk menggapai keuntungan, mengingat puding dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan tanpa batasan usia sesuai dengan jenisnya. Selain itu, usaha puding merupakan usaha yang tepat bagi pemula yang memiliki keterbatasan modal. Karena dalam pembuatannya tidak membutuhkan alat-alat mahal bermodal besar.
Kelebihan usaha produk puding:
- Mudah memperoleh bahan baku
- Bahan baku murah
- Tidak membutuhkan alat-alat mahal
- Banyak jenis dan varian
- Target pasar yang luas
Kelemahan usaha produk puding:
- Banyak persaingan
- Terdapat jenis puding yang tidak memiliki ketahanan yang lama
- Puding mudah dibuat dan semua orang dapat dengan mudah membuat puding
- Puding harus selalu didalam lemari pendingin agar tidak mudah berair
- Puding bersifat rentan rusak dan berair jika dibawa perjalanan
Namun jika bisnis puding dilakukan dengan strategi yang tepat maka akan membantu memasuki pasar. Di era digital saat ini kita memang perlu memanfaatkannya dengan melakukan promosi di media sosial, memngingat media sosial menjadi media yang tepat dalam penyampaian pesan produk atau promosi produk.
Sebagai pelaku bisnis kita memang selalu dituntut terus berinovasi agar dapat memerangi persaingan antarproduk. Selalu mengembangkan ide adalah kunci kita agar selalu berada di titik aman dalam berbinis.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H