Pada dasarnya UMKM merupakan usaha mikro kecil dan menengah yang bergerak dalam berbagai bidang usaha diantaranya seperti usaha kosmetik, usaha fashion, usaha makanan, usaha agribisnis dan lainnya yang menjadi salah satu sumber penggerak untuk membangkitkan jalannya roda perekonomian yang ada di Indonesia saat ini.Â
Seiring dengan perkembangan zaman dan canggihnya teknologi membuat UMKM mudah untuk memasarkan produk dan menjangkau pelanggan baik secara online maupun offline. Namun tentunya untuk tetap mempertahankan eksistensi setiap UMKM harus dapat membangun citra yang baik dimasyarakat dan pelanggannya. Hal demikian dapat dilakukan melalui strategi-strategi khusus yang dimiliki masing-masing UMKM.
Salah satu UMKM sukses di kota Jambi yang bergerak dibidang makanan yaitu brownmix factory. Brownmix factory telah memulai usaha sejak tahun 2017 Â yang hingga saat ini telah memiliki 2 outlet dengan khusus produksi cheesecake dan dessert tanpa terigu dan mentega sehingga selalu stay healty bagi pelanggannya. Brownmix factory merupakan UMKM bidang makanan di kota Jambi yang pertama kali menghadirkan produk cheesecake dengan bahan baku langsung dari luar negeri.
Untuk membuat daya tarik pelanggan brownmix factory memiliki kategori member yang terdiri dari brown member, gold member, dan platinum member serta brownmix factory aktif memberikan reward bagi pelanggan setianya. Kemudian untuk menjangkau pelanggan brownmix factory memasarkan produk melalui media sosial, aplikasi online, dan juga offline store.Â
Brownmix factory sendiri berawal dari owner yang berusaha untuk keluar dari zona nyaman dan pada akhirnya sukses menghasilkan omset ratusan juta hingga milyaran pertahunnya. Kunci sukses dari brownmix factory terletak pada harga dan rasa yang konsisten dari tahun 2017 awal memulai usaha hingga saat ini. Harga yang dihadirkan tidak pernah berubah pada setiap menu yang ada dengan cita rasa yang tetap sama. Hal ini menjadi kesan tersendiri bagi pelanggan brownmix factory.
Demikian untuk membangun citra yang baik dimasyarakat terutama pelanggan maka setiap UMKM dalam bidang usaha apapun harus memiliki strategi khusus yang menjadi kunci maupun sebagai daya tarik tersendiri ditengah banyaknya tantangan serta kompetitor dengan usaha yang sama.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H