Mohon tunggu...
Fitri Alfia Ardi
Fitri Alfia Ardi Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi Pascasarjana

Nganjuk pada bulan Januari, 24 tahun lalu...

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kursus Online Gratis Bersama Universitas Terkemuka (Part 2)

7 September 2021   10:12 Diperbarui: 7 September 2021   10:39 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Melanjutkan tulisan saya di Part.1, kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya mencoba kursus online gratis bersama Coursera. Baik sebelumnya apa itu Coursera? Sejauh yang saya tahu, Coursera adalah website yang menyediakan kursus online secara gratis yang bekerjasama dengan kampus-kampus ternama dunia. Jika anda penasaran langsung saja cek dan disana anda dapat melihat kursus apa saja yang tersedia. 

Selain kursus sebenarnya ada program lain yang dapat anda ikuti, seperti kursus online selama beberapa semester hingga mendapatkan gelar. Namun hal ini pastinya membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Dalam tulisan ini saya akan membahas tentang kursus biasa dan memerlukan waktu yang lebih singkat. Dan pastinya cara mendapatkan sertifikat tanpa harus membayar.

Tapi sebelumnya anda harus mempunyai akun untuk bisa mengakses kursus di Coursera. Caranya dengan buka website Coursera atau download aplikasinya, kemudian daftar menggunakan email anda. Setelah memiliki akun, anda bisa memilih topik kursus yang ingin anda pelajari. Setelah itu anda akan diperlihatkan detail dari topik yang akan anda ambil, seperti Profesor yang mengajar, silabus, hingga review dari para pengguna sebelumnya.

Untuk mendapatkan sertifikat gratis diakhir kursus nanti, anda pastikan ada

1. tulisan "financial aid available" lalu klik tulisan tersebut. 

2. Halaman berikutnya anda diharuskan untuk menyetujui peraturan dari Coursera dengan cara checklist 2 pernyataan disitu dan mengetik ulang tulisan "I agree to the terms above"

3. Selanjutnya anda harus mengisi beberapa informasi sesuai keadaan anda. Yang pertama ada educational background. Kemudian annual income/pendapatan tahunan. karena saya seorang mahasiswa jadi saya masukkan angka 0. Kemudian employ status atau status anda sekarang sebagai pelajar/mahasiswa atau pekerja atau belum bekerja. Kolom keempat adalah kemampuan untuk membayar, saya isi 0. 

Selanjutnya anda harus mengisi alasan mengapa anda mengajukan financial aid dengan menuliskan alasan anda minimal sebanyak 150 kata dalam bahasa inggris. Tips agar pengajuan anda diterima, secara garis besar anda dapat menulis:

1. Perkenalan, seperti anda sekarang seorang.... (saya menulis bahwa saya mahasiswa dengan jurusan/sedang mempelajari...)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun