Mohon tunggu...
Fitri Suharirayanti
Fitri Suharirayanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif

13 Februari 2023   23:15 Diperbarui: 13 Februari 2023   23:31 305
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

AKSI NYATA MODUL 1.4

Menciptakan Budaya Positif Di Sekolah Dengan Keyakinan Kelas dan

Penerapan Segitiga Restitusi

Oleh : Fitri Suharirayanti, S.Pd.,M.Pd.

Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari SLB Tunas Bhakti Pleret Kabupaten Bantul


Latar Belakang

Budaya positif merupkan salah satu wujud visi sekolah impian. Budaya positif akan menciptakan suasana pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Disiplin positif adalah salah satu cara mewujudkan budaya positif di sekolah. Penerapan perilaku disiplin di sekolah masih berdasarkan motivsi ekstrinsik. 

Hal ini dapat dilihat dari perilaku disiplin warga sekolah yang hanya karena ingin dipuji,  ingin mendapat hadiah dank arena tidak ingin mendapatkan teguran. Hal ini memerlukan peran guru yang dapat menggerakkan murid dan warga sekolah lainnya agar memunculkan motivasi intrinsik dalam menerapkan disiplin yaitu  Untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya. Salah satu cara untuk menerapkan disiplin positif  di sekolah adalah melalui keyakinan kelas yang dibentuk secara kolaboratif dan dibimning oleh guru dan pelaksanaan segitiga restitusi ketika ada murid melanggar keyakinan kelas.

Tujuan Aksi Nyata

  • Tujuan dari aksi nyata ini adalah :
  • Mewujudkan budaya positif dengan keyakinan kelas.
  • Mewujudkan budaya positif dengan penerapan segitiga restitusi ketika ada pelanggaran terhdap keyakinan kelas.
  • Membangun motivasi internal pada murid
  • Mewujudkan sekolah yang nyaman dan menyenangkan dalam pembelajaran.
  • Mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid.

Tolok Ukur

  • Terciptanya lingkungan yang positif yang suasananya nyaman dan menyenangkan.
  • Murid berkolaboratif dalam penyusunan keyakinan kelas.
  • Terdapat poster keyakinan kelas, pada masing-masing kelas
  • Guru/karyawan dapat menerapkan segitiga restitusi dalam menangani permasalahan siswa
  • Berkurangnya pelanggaran keyakina kelas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun