PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASE LEARNING (PJBL)
DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK SMK N 1 BAKAM PADA PEMBUATAN PRODUK DARI BAHAN DASAR SAMPAH PLASTIK
Latar Belakang
Permasalahan yang ada pada saat pembelajaran yang sering dijumpai yaitu masalah rendahnya motivasi peserta didik dalam belajar, literasi numerasi, pemahaman tentang soal HOTS, penyalahgunaan teknologi dalam belajar, kurangnya kolaborasi, keaktifan dan kreatifitas peserta didik dalam belajar. Hal ini akan berdampak pada hasil belajar belajar peserta didik itu sendiri.
Rendahnya kreativitas peserta didik dalam menuangkan ide-idenya dilatar belakangi kurangnya minat belajar dan kurang nya bakat seni yang ada pada diri peserta didik itu sendiri sehingga menyebabkan tidak terpacunya untuk mengeluarkan ide-ide kreatif.
Praktik ini penting dibagikan agar bisa memotivasi diri guru itu sendiri dan juga hal yang penting yaitu bisa menjadi referensi dalam meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam belajar. Model pembelajaran yang diterapkan pada praktik ini diharapkan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang sudah dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Hal ini juga dibuktikan penemuan dari Orozco & Yangco (2016) yang menemukan bahwa PjBL efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.
PembahasanÂ
Peran dan tanggung jawab guru dalam pembelajaran adalah menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran yang didampingi guru sebagai fasilitator dan motivator dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.
Tantangan yang dihadapi pada saat pembelajaran dilaksanakan adalah selain kesulitan dalam mengatur strategi dalam menciptakan kolaborasi yang baik ada juga tantangan yang dihadapi yaitu menstimulasi peserta didik dalam menuangkan ide-ide kreatifnya pada pembuatan produk berbahan dasar plastik. Dari beberapa tantangan yang dihadapi pada saat pelaksanaan praktik, tantangan yang menonjol yang relevan dengan masalah yang akan diangkat adalah kurangnya kreativitas peserta didik dalam menuangkan ide-ide kreatif nya dalam pembelajaran
Dari tantangan yang dihadapi maka dilakukan penggunaan model Pembelajaran Proyek Base Learning (PJBL) untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik. Hasil analisis penilaian keterampilan dimana pembelajaran menggunakan model PJBL berbasis STEAM menunjukkan sangat efektif berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan karena pada penilaian keterampilan peserta didik sudah menunjukkan aspek penilaian dengan skala yang terbilang baik atau sangat baik dalam melakukan diskusi presentasi maupun menampilkan hasil proyek walaupun masih ada beberapa peserta didik belum menunjukkan sikap keberanian dalam menawab pertanyaan https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/874. Dengan mengunakan media pembelajaran berbasis internet membuat siswa lebih leluasa mencari sumber referensi mulai dari artikel, video maupun lingkungan sekitar yang berkaitan dengan materi dan materi interaktif lainnya yang mendukung pemahaman materi peserta didik sehingga bisa membentuk karakter peserta didik yang kreatif dalam mengembangkan diri meraka untuk mencari sumber informasi dari mana saja
Model pembelajaran PJBL efektif mampu meningkatkan kreatifitas peserta didik karena pembelajaran yang menantang dan merangsang pemikiran kritis pada pesertadidik, sehingga peserta didik lebih antusias dalam menggali informasi, berkolaborasi secara online mencari informasi pengetahuan dalam konteks dunia nyata. Keefektifan dalam meningkatkan kreatifitas peserta didik terlihat pada saat perencanaan proyek, peserta didik sudah menunjukkan kreativitas dalam menampilkan hasil presentasi dalam bentuk canva untuk mendesain produk yang akan dibuat. Hal ini diperkuat dengan literatur bahwa penggunaan model pembelajaran Pembelajaran Proyek Base Learning (PJBL) lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas X TJKT 1 SMK Negeri 1 Bakam. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/31499.