Desa Puhgogor, Bendosari, Sukoharjo (24/072023) - Di era saat ini media sosial menjadi platform yang paling banyak digunakan selain akses yang mudah, juga dapat memberikan dampak yang sangat besar baik secara keseluruhan. Di Indonesia saat ini, instagram menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan. Media sosial menjadi alat penting dalam menyampaikan informasi dan membangun branding desa. Desa Puhgogor menyadari potensi media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan potensi dan informasi desa. Oleh karena itu, diperlukan pembuatan akun media sosial resmi desa dan pelatihan pengelolaan publikasi branding desa untuk memaksimalkan manfaat media sosial.Â
Mahasiswa KKN Tim II Undip membantu Desa Puhgogor dalam membangun dan mengelola akun media sosial resmi dengan memberikan pelatihan kepada perangkat desa dalam mengelola publikasi branding desa. Diharapkan dengan adanya pendampingan ini, perangkat desa dapat memanfaatkan instagram sebagai platform branding.Â
Pembuatan akun sosial media,Â
Mahasiswa bekerja sama dengan perangkat desa untuk membuat akun media sosial resmi di platform yang relevan khususnya instagram. Akun-akun ini akan digunakan untuk menyebarkan informasi terkini, acara desa, potensi wisata, dan kegiatan lainnya. Pembuatan akun sosial media tersebut sekaligus menjadi wadah untuk masyarakat mendapatkan informasi publik. Pembuatan akun dilakukan pada tanggal 24 Juli oleh mahasiswa KKN Tim II Undip bersama perangkat desa dengan menetukan tema untuk branding desa tersebut
Pelatihan Pengelolaan Publikasi Branding Dilakukan sesi pelatihan kepada warga desa terkait pengelolaan media sosial dan publikasi. Materi-materi yang dibahas meliputi cara membuat konten menarik, memperkenalkan template desain, serta pengumpulan materi konten. Mahasiswa KKN Tim II Undip bekerja sama dengan masyarakat untuk mengumpulkan materi konten yang berkaitan dengan potensi dan keindahan Desa Puhgogor. Ini termasuk foto, video, ataupun infografis. Mahasiswa KKN Tim II juga memperkenalkan bagaimana untuk membuat konten yang menarik baik dari segi visual dan copywriting didalamya.Â
Program KKN ini diharapkan dapat mencapai hasil-hasil sebagai berikut:Â
Akun Media Sosial Aktif, Terbentuk dan dikelola dengan baik akun media sosial resmi desa yang menghadirkan informasi aktual dan menarik bagi masyarakat. Mahasiswa KKN Tim II Undip juga mengajak masyarakat turut berpartisipasi untuk aktif dengan cara mengikuti sosial media dan memberikan tanda jika ada kegiatan yang terlaksana di desa.Â
Pengelolaan Konten Lebih Efektif, Perangkat desa memiliki pemahaman yang lebih baik dalam menciptakan, mengelola, dan mempublikasikan konten yang mendukung branding desa. Hal inii bertujuaan untuk membangun interaksi yang baik dengan masyarakat desa dan membantu masyarakat desa untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah.Â
Peningkatan Interaksi Masyarakat, Dengan adanya media sosial, interaksi antara masyarakat dan pemerintah desa meningkat, memungkinkan pertukaran informasi yang lebih efektif, kemudahan informasi publik serta adanyaÂ
Branding Desa, Identitas visual dan brand desa yang kuat membantu meningkatkan citra dan daya tarik Desa Puhgogor sebagai desa yang memiliki potensi dibidang pertanian, perternakan dan juga adanya potensi UMKM sebagai usaha warga desa PuhgogorÂ